(PERMENDIKNAS 41/2007)
Nama Sekolah : SD Negeri Kajeksan
Nama Guru Pemula : Eti Mayasari,
S.Pd.I
Pangkat Golongan : III / a
Mata Pelajaran/Kelas : PAI & BP / I s/d VI
Semester/Th. Pelajaran : II / 2018-2019
|
No
|
Sub Kompetensi dan Butir Komponen
(Tata Muka) |
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Keterangan
|
||||
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Menyiapkan peserta didik.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Melakukan Apersepsi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Menjelaskan KD dan tujuan yang
ingin dicapai.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai
silabus/ kesiapan bahan ajar.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e.
Penampilan Guru.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti Pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A.
EKSPLORASI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Melibatkan siswa dalam mencari informasi dan belajar dari aneka sumber
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan
sumber belajar lainnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Memfasilitasi terjadinya interaksi antara siswa dengan siswa, antara
siswa dengan guru, dan antara siswa dengan lingkungan dan sumber belajar
lainnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio, lapangan
atau kelas.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
ELABORASI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas
tertentu yang bermakna.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas dan diskusi untuk memunculkan
gagasan baru baik lisan maupun tertulis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa adanya rasa takut dan malu.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi
belajar.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Memfasilitasi siswa dalam membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis secara individu maupun kelompok.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individu maupun kelompok.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
Memfasilitasi siswa untuk melakukan pameran, pemajangan, turnamen,
festival serta produk yang dihasilkan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri siswa.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. KONFIRMASI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa
melalui berbagai sumber.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
siswa yang menghadapi kesulitan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Membantu menyelesaikan masalah siswa dalam melakukan pengecekan hasil
eksplorasi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Memberikan motivasi terhadap siswa yang kurang aktif dan memberikan
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Membuat rangkuman/ simpulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Memberikan Tugas Terstruktur (PT) dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
(KMTT).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Nilai Akhir
= 
|
70
% - 85% = Baik
55
% - 69% = Cukup
Di
bawah 55% = Kurang
Tindak Lanjut
………………….,
………………………..
Guru
Pemula Pembimbing
ETI
MAYASARI, S.Pd.I ……………………………………….
NIP.
198712222019022003
NIP.
|
No
|
Sub
Kompetensi dan Butir Komponen
(Tata Muka) |
Kondisi
|
Skor
Nilai
|
Keterangan
|
||||
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Membuat rangkuman/ simpulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Memberikan umpan balik terhadap
proses hasil pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Memberikan Tugas Terstruktur (PT) dan
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Nilai Akhir = 
|
70
% - 85% = Baik
55
% - 69% = Cukup
Di
bawah 55% = Kurang
Tindak Lanjut
………………….,
………………………..
Guru Pemula Pengawas
ETI
MAYASARI, S.Pd.I ……………………………………….
NIP. 198712222019022003
No comments:
Post a Comment