Lembar Refleksi Pembelajaran
|
Satuan Pendidikan : SD Negeri Kajeksan
|
Hari/Tanggal : …………………………………………
|
|||
|
Nama Guru Pemula : Eti Mayasari, S.Pd.I
|
Semester : …………………………………………
|
|||
|
Mapel/Kelas : PAI & BP / I s/d VI
|
Tahun Pelajaran : …………………………………………
|
|||
|
|
||||
|
|
Catatan
Refleksi Guru Pemula
|
|||
|
1. Kompetensi
pedagogis
1.1
Memahami latar
belakang siswa
|
|
|||
|
1.2
Memahami teori
belajar
|
||||
|
1.3
Pengembangan
kurikulum
|
||||
|
1.4
Aktivitas
pengembangan pendidikan
|
||||
|
1.5
Peningkatan
potensi siswa
|
||||
|
1.6
Komunikasi
dengan siswa
|
||||
|
1.7
Penilaian &
evaluasi
|
||||
|
2
Kompetensi
kepribadian
2.1
Berperilaku
sesuai dengan norma,
kebiasaan dan hukum di Indonesia
|
||||
|
2.2
Kepribadian
matang dan stabil
|
||||
|
2.3
Memiliki etika
kerja dan komitmen serta kebanggaan
menjadi guru
|
||||
|
3
Kompetensi
social
|
||||
|
3.1
Berperilaku inklusf, objektif, dan tidak pilih
kasih
|
||||
|
3.2
Komunikasi
dengan guru, pegawai sekolah/madrasah,orang tua, dan masyarakat
|
||||
|
4
Kompetensi
profesional
|
||||
|
4.1
Pengetahuan dan
pemahaman tentang struktur, isi dan standar kompetensi mata pelajaran, serta
tahap-tahap pengajaran
|
||||
|
4.2
Profesionalisme
yang meningkat melalui refleksi diri
|
||||
|
Rekomendasi:
|
||||
|
Mengetahui:
Penilai
(Pengawas Sekolah/Kepala Sekolah/Pembimbing*)
.....................................
NIP.
*)
Pilih salah satu sesuai penilai
|
..............................,
.......... 201...
Guru
Pemula
........................................
NIP.
|
|||
|
Asli untuk guru pemula
Salinan untuk kepala sekolah/madrasah
|
Salinan untuk Pengawas Sekolah/Madrasah
Salinan untuk Dinas Pendidikan
|
|||
Lembar Rekapitulasi Hasil Observasi
Pembelajaran
|
Satuan Pendidikan : SD Negeri Kajeksan
|
Hari/Tanggal : …………………………………………
|
|||||||
|
Nama Guru Pemula : Eti Mayasari, S.Pd.I
|
Semester : …………………………………………
|
|||||||
|
Mapel/Kelas : PAI & BP / I s/d VI
|
Tahun Pelajaran : …………………………………………
|
|||||||
|
|
||||||||
|
Hasil Penilaian
|
||||||||
|
No
|
Kompetensi/subkompetensi
|
|
Penilaian
|
Nilai Akhir
|
||||
|
Tahap 1
|
Tahap 2 (rerata)
|
|||||||
|
Pembimbing
|
KS (rerata)
|
PS (rerata)
|
||||||
|
1
|
Kompetensi
pedagogis
|
|
|
|
|
|||
|
1.1
|
Memahami latar belakang siswa
|
|
|
|
|
|||
|
1.2
|
Memahami teori belajar
|
|
|
|
|
|||
|
1.3
|
Pengembangan kurikulum
|
|
|
|
|
|||
|
1.4
|
Aktivitas pengembangan pendidikan
|
|
|
|
|
|||
|
1.5
|
Peningkatan potensi siswa
|
|
|
|
|
|||
|
1.6
|
Berkomunikasi dengan siswa
|
|
|
|
|
|||
|
1.7
|
Penilaian & Evaluasi
|
|
|
|
|
|||
|
2
|
Kompetensi kepribadian
|
|
|
|
|
|||
|
2.1
|
Berperilaku sesuai dengan norma,
kebiasaan dan hukum di Indonesia
|
|
|
|
|
|||
|
2.2
|
Kepribadian matang dan stabil
|
|
|
|
|
|||
|
2.3
|
Memiliki etika kerja dan komitmen serta kebanggaan menjadi
guru
|
|
|
|
|
|||
|
3
|
Kompetensi
Social
|
|
|
|
|
|||
|
3.1
|
Berperilaku inklusif, objektif, dan tidak pilih kasih
|
|
|
|
|
|||
|
3.2
|
Komunikasi dengan guru, pegawai sekolah/ madrasah, orangtua, dan
masyarakat
|
|
|
|
|
|||
|
4
|
Kompetensi
Profesional
|
|
|
|
|
|||
|
4.1
|
Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur, isi dan standar
kompetensi mata pelajaran, serta tahap-tahap pengajaran
|
|
|
|
|
|||
|
4.2
|
Profesionalisme yang meningkat melalui refleksi diri
|
|
|
|
|
|||
|
Jumlah
|
|
|
|
|
||||
|
Rekomendasi: Berdasarkan Hasil Penilaian Kinerja
Guru Pemula pada Pembimbingan Tahap 2, dan mempertimbangkan Penilian Kinerja
Guru Pemula pada Pembimbingan (Penilaian Tahap 1), bahwa ………………………….... memperoleh Nilai Kinerja Amat Baik*, Baik*, Cukup**, Sedang**,
Kurang**.
|
||||||||
|
Korwil
Kec. Sukoharjo
……………………………………………
NIP.
|
Pengawas Sekolah,
…………………………………
NIP.
|
……………………, ……………………………..
Kepala Sekolah,
Salamun S.Pd.I
NIP.
|
||||||
|
* berhak memperoleh Sertifikat
Program Induksi yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Pendidikan/Kepala Kantor
Kementerian Agama yang berwenang atas usulan Kepala Sekolah/Madrasah yang
bersangkutan.
** berhak mengikuti perpanjangan program induksi bagi guru
pemula yang baru mengikuti program induksi tahun pertama, atau diberi tugas mengajar
tanpa jabatan fungsional guru, bagi guru pemula yang telah mengikuti perpanjangan
program induksi.
|
||||||||
No comments:
Post a Comment