16 April 2019

Lembar Refleksi Pembelajaran dan Lembar Rekapitulasi Hasil Observasi Pembelajaran


Lembar Refleksi Pembelajaran

Satuan Pendidikan        :  SD Negeri Kajeksan
Hari/Tanggal                :  …………………………………………
Nama Guru Pemula       :  Eti Mayasari, S.Pd.I
Semester                      :  …………………………………………
Mapel/Kelas                   :  PAI & BP / I s/d VI
Tahun Pelajaran         :  …………………………………………


Catatan Refleksi Guru Pemula
1.       Kompetensi pedagogis
1.1    Memahami latar belakang siswa

1.2    Memahami teori belajar
1.3    Pengembangan kurikulum
1.4    Aktivitas pengembangan pendidikan
1.5    Peningkatan potensi siswa
1.6    Komunikasi dengan siswa
1.7    Penilaian & evaluasi
2         Kompetensi kepribadian
2.1    Berperilaku sesuai dengan norma,
 kebiasaan dan hukum di Indonesia 
2.2    Kepribadian matang dan  stabil
2.3    Memiliki etika kerja dan komitmen serta  kebanggaan menjadi guru  
3         Kompetensi social
3.1    Berperilaku  inklusf, objektif, dan tidak pilih kasih  
3.2    Komunikasi dengan guru, pegawai sekolah/madrasah,orang tua, dan masyarakat
4         Kompetensi profesional
4.1    Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur, isi dan standar kompetensi mata pelajaran, serta tahap-tahap pengajaran 
4.2    Profesionalisme yang meningkat melalui refleksi diri
Rekomendasi:  



Mengetahui:
Penilai (Pengawas Sekolah/Kepala Sekolah/Pembimbing*)




.....................................
NIP.
*) Pilih salah satu sesuai penilai

.............................., .......... 201...
Guru Pemula



........................................
NIP.

Asli untuk guru pemula
Salinan untuk kepala sekolah/madrasah
Salinan untuk Pengawas Sekolah/Madrasah
Salinan untuk  Dinas Pendidikan








Lembar Rekapitulasi Hasil Observasi Pembelajaran

Satuan Pendidikan        :  SD Negeri Kajeksan
Hari/Tanggal                   :  …………………………………………
Nama Guru Pemula       :  Eti Mayasari, S.Pd.I
Semester                        :  …………………………………………
Mapel/Kelas                   :  PAI & BP / I s/d VI
Tahun Pelajaran             :  …………………………………………

Hasil Penilaian
No
Kompetensi/subkompetensi

Penilaian
Nilai Akhir
Tahap 1
Tahap 2 (rerata)
Pembimbing
KS (rerata)
PS (rerata)
1
Kompetensi pedagogis




1.1
Memahami latar belakang siswa




1.2
Memahami teori belajar




1.3
Pengembangan kurikulum




1.4
Aktivitas pengembangan pendidikan




1.5
Peningkatan potensi siswa




1.6
Berkomunikasi dengan siswa




1.7
Penilaian & Evaluasi




2
Kompetensi kepribadian




2.1
Berperilaku sesuai dengan norma,  kebiasaan dan hukum di Indonesia 




2.2
Kepribadian matang dan stabil




2.3
Memiliki etika kerja dan komitmen serta kebanggaan menjadi guru  




3
Kompetensi Social




3.1
Berperilaku inklusif, objektif, dan tidak pilih kasih




3.2
Komunikasi dengan guru, pegawai sekolah/ madrasah, orangtua, dan masyarakat




4
Kompetensi Profesional




4.1
Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur, isi dan standar kompetensi mata pelajaran, serta tahap-tahap pengajaran




4.2
Profesionalisme yang meningkat melalui refleksi diri




Jumlah




Rekomendasi: Berdasarkan Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula pada Pembimbingan Tahap 2, dan mempertimbangkan Penilian Kinerja Guru Pemula pada Pembimbingan (Penilaian Tahap 1), bahwa  …………………………....   memperoleh Nilai Kinerja  Amat Baik*, Baik*, Cukup**, Sedang**, Kurang**.

Korwil
Kec. Sukoharjo



……………………………………………
         NIP.

Pengawas Sekolah,




…………………………………
                    NIP.
……………………, ……………………………..
Kepala Sekolah,




Salamun S.Pd.I
NIP.

*   berhak memperoleh Sertifikat Program Induksi yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Pendidikan/Kepala Kantor Kementerian Agama yang berwenang atas usulan Kepala Sekolah/Madrasah yang bersangkutan.
** berhak mengikuti perpanjangan program induksi bagi guru pemula yang baru mengikuti program induksi tahun pertama, atau diberi tugas mengajar tanpa jabatan fungsional guru, bagi guru pemula yang telah mengikuti perpanjangan program induksi.











No comments:

Post a Comment