INSTRUMEN
MONITORNG PIGP
| 
No | 
Aspek | 
Hasil Monitoring | 
Dokumen Pendukung | ||||||||
|  | 
Persiapan |  | |||||||||
| 
1. | 
Apakah Progam Induksi telah tertuang
  dalam Rencana Kerja Sekolah? |  |  |  |  |  | 
Pelaksanaan Program Induksi yang tertuang
  dalam RencanaKerja Sekolah | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
2. | 
Apakah program Induksi telah
  teranggarkan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah? |  |  |  |  |  |  Alokasi dana pada Rencana
  Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
3. | 
Apakah sekolah telah memiliki dokumen
  Program Induksi dan dokumen pendukungnya? |  |  |  |  |  | 
 | ||||
| 
a.     
  Permendiknas  dan Lampiran tentang Program Induksi |  |  | 
Ya |  | 
Tidak | ||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
b.     
  Panduan Kerja |  |  | 
Ya |  | 
Tidak | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
c.     
  Pedoman Program Induksi |  |  | 
Ya |  | 
Tidak | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
d.    
  Kurikulum Tingkat Satuan
  Pendidikan (KTSP) |  |  | 
Ya |  | 
Tidak | ||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
e.     
  Kalender Pendidikan |  |  | 
Ya |  | 
Tidak | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
f.      
  Struktur Oranisasi Sekolah |  |  | 
Ya |  | 
Tidak | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
g.     
  Pembagian Tugas Guru |  |  | 
Ya |  | 
Tidak | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
h.     
  Pembagian Tugas Tenaga
  Kependidikan |  |  | 
Ya |  | 
Tidak | ||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
i.       
  Peraturan Akademik |  |  | 
Ya |  | 
Tidak | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
j.       
  Tata Tertib Sekolah/Madrasah |  |  | 
Ya |  | 
Tidak | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
k.     
  Kode Etik Sekolah/Madrasah |  |  | 
Ya |  | 
Tidak | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
l.       
  Biaya Operasional
  Sekolah/madrasah |  |  | 
Ya |  | 
Tidak | ||||||
|  | |||||||||||
| 
4. | 
Apakah Kepala Sekolah/Madrasah
  menyusun Buku Pedoman Program Induksi? |  |  |  |  |  | 
Buku Pedoman Program Induksi | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
5. | 
Apakah kepala sekolah melakukan
  analisis kebutuhan? |  |  |  |  |  |  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Lembar Analisis Kebutuhan yang telah
  diisi | ||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
6. | 
Apakah kepala sekolah memberi tugas
  guru yang profesional untuk menjadi pembimbing? |  |  |  |  |  |  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Surat Tugas Pembimbing | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
7. | 
Apakah sekolah memiliki guru yang
  memenuhi kriteria sebagai pembimbing? |  |  |  |  |  |  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Keberadaan pembimbing sesuai kriteria | ||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
8. | 
Apakah kepala sekolah berkonsultasi
  dengan pengawas sekolah tentang pelaksanaan program Induksi? |  |  |  |  |  | 
Notula dan Daftar Hadir Rapat | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
9. | 
Apakah kepala sekolah
  mensosialisasikan Program Induksi kepada warga sekolah? |  |  |  |  |  | 
Bukti Sosialisasi (notula, daftar
  hadir, dll), hasil wawancara dengan warga sekolah | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
|  | 
B. Pelaksanaan | ||||||||||
| 
a.   Pengenalan Lingkungan Sekolah | |||||||||||
| 
1. | 
Apakah
  pembimbing memperkenalkan situasi dan kondisi sekolah/madrasah kepada guru
  pemula? |  |  |  |  |  |  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Hasil wawancara guru pemula | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
2. | 
Apakah
  pembimbing melakukan pembimbingan dalam menyusunan perencanaan dan
  pelaksanaan proses pembelajaran dan tugas terkait lainnya? |  |  |  |  |  | 
Hasil wawancara guru pemula 
Dan Lembar Observasi Pembelajaran | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
3. | 
Apakah  guru pemula mengamati situasi dan kondisi
  sekolah serta lingkungannya, termasuk melakukan observasi di kelas sebagai
  bagian pengenalan situasi? |  |  |  |  |  | 
Hasil wawancara guru pemula 
Dan Lembar Observasi Pembelajaran | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
4. | 
Apakah guru
  pemula mempelajari Buku Pedoman dan Panduan Kerja bagi guru pemula, data-data
  sekolah/madrasah, tata tertib sekolah/madrasah, dan kode etik guru? |  |  |  |  |  |  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Hasil wawancara guru pemula | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
5. | 
Apakah guru
  pemula mempelajari ketersediaan dan penggunaan sarana dan sumber belajar di
  sekolah/madrasah? |  |  |  |  |  |  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Hasil wawancara guru pemula | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
6. | 
Apakah guru pemula mempelajari Kurikulum
  Tingkat Satuan Pendidikan? |  |  |  |  |  |  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Hasil wawancara guru pemula | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
|  | 
b.    
  Pelaksanaan pembimbingan |  | |||||||||
| 
1. | 
Apakah Pembimbingan Tahap 1
  dilaksanakan pada bulan ke-2? |  |  |  |  |  | 
Lembar Observasi Pembelajaran | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
2. | 
Apakah guru pemula bersama pembimbing menyusun Silabus dan Rencana
  Pelaksanaan pembelajaran/Pembimbingan (RPP) yang akan digunakan pada
  pertemuan minggu-minggu pertama.? |  |  |  |  |  | 
Silabus dan RPP yang dikembangkan guru
  Pemula  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
3. | 
Apakah guru
  pemula bersama pembimbing menyusun Rencana Pengembangan Keprofesian
  Berkelanjutan untuk tahun pertama masa induksi? |  |  |  |  |  |  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Lembar RPK | ||||||
|  |  |  |  |  | 
PK yang digunakan | ||||||
| 
4. | 
Apakah
  selama pembimbingan pembimbing memberi motivasi tentang pentingnya tugas
  guru? |  |  |  |  |  | 
Hasil wawancara dengan guru pemula
  tentang Pembimbing | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
5. | 
Apakah
  selama pembimbingan, pembimbing memberi arahan tentang perencanaan
  pembelajaran/pembimbingan, pelaksanaan pembelajaran/pembimbingan dan
  penilaian hasil belajar/bimbingan siswa? |  |  |  |  |  | 
Bukti dokumen pembimbingan | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak |  | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
6. | 
Apakah
  selama pembimbingan pembimbing memberi kesempatan untuk melakukan observasi
  pembelajaran di kelas dengan menggunakan Lembar Observasi Pembelajaran? |  |  |  |  |  |  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Lembar Observasi Pembelajaran 
Guru lain | ||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
7. | 
Apakah
  selama pembimbingan pembimbing melibatkan guru pemula dalam kegiatan-kegiatan di sekolah? |  |  |  |  |  |  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Surat Tugas dan Bukti Kegiatan | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
8. | 
Apakah
  selama pembimbingan pembimbing memberi arahan dalam menyusun rencana dan pelaksanaan program pada
  kegiatan yang menjadi tugas tambahan? |  |  |  |  |  |  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Hasil wawancara Guru pemula | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
9. | 
Apakah
  pembimbing dan guru pemula menentukan fokus elemen kompetensi yang akan
  diobservasi?  |  |  |  |  |  | 
Hasil wawancara dengan guru pemula | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Lembar obserasi dan Refleksi | ||||||
|  |  |  |  |  | 
Pembelajaran | ||||||
| 
10. | 
Apakah guru
  pemula mengisi lembar refleksi setelah ada kesepakatan fokus elemen
  kompetensi yang akan diobservasi |  |  |  |  |  |  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Lembar Refleski yang telah diisi | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
11. | 
Apakah guru
  pemula melakukan refleksi pada pasca observasi |  |  |  |  |  |  | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Lembar Refleksi yang telah diisi | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
12. | 
Apakah
  pembimbing memberi umpan balik dari hasil observasi dan refleksi? |  |  |  |  |  | 
Hasil wawancara dengan guru pemula, Umpan
  balik yang tertulis pada Lembar Observasi Pembelajaran | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
13. | 
Apakah
  pembimbing melakukan observasi lebih dari atau sama dengan enam kali? |  |  |  |  |  | 
Jumlah Lembar Observasi yang telah
  diisi | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
14. | 
Apakah
  pembimbing melakukan observasi pembelajaran di bulan ke 2-9? |  |  |  |  |  | 
Lembar Observasi pembelajaran yang
  telah | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Diisi (tangal pelaksanaan) | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
|  | 
Penilaian |  |  |  |  |  |  | ||||
| 
15. | 
Apakah
  kepala sekolah melakukan obserasi pembelajaran |  |  |  |  |  | 
Lembar Observasi pembelajaran yang
  telah | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | 
Diisi (tangal pelaksanaan) | ||||||
|  |  |  |  |  |  | ||||||
| 
16. | 
Apakah
  kepala sekolah melakukan observasi pembelajaran lebih dari atau sama dengan
  tiga kali? |  |  |  |  |  | 
Lembar Observasi pembelajaran yang
  telah 
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh kepala
  sekolah | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
17. | 
Apakah
  pengawas sekolah melakukan obserasi pembelajaran |  |  |  |  |  | 
Lembar Observasi pembelajaran yang
  telah 
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh
  pengawas  Sekolah | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
18. | 
Apakah
  pengawas sekolah melakukan observasi pembelajaran lebih dari atau sama dengan
  dua kali? |  |  |  |  |  | 
Lembar Observasi pembelajaran yang
  telah 
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh
  pengawas sekolah | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
19. | 
Apakah
  kepala sekolah melakukan observasi pembelajaran di bulan ke-10? |  |  |  |  |  | 
Lembar Observasi pembelajaran yang
  telah 
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh kepala
  sekolah | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
20. | 
Apakah
  pengawas sekolah melakukan observasi pembelajaran di bulan ke-10? |  |  |  |  |  | 
Lembar Observasi pembelajaran yang
  telah 
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh
  pengawas sekolah | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
|  | 
Pelaporan | ||||||||||
| 
1. | 
Apakah
  kepala sekolah menyusun draft Laporan Penilaian Kinerja Guru pemula dengan
  mendiskusikan hasil dengan pembimbing dan pengawas sekolah? |  |  |  |  |  | 
Draft Laporan Penilaian Kinerja Guru
  Pemula beserta dokumen pendukung | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
2. | 
Apakah
  kepala sekolah dalam menentukan keputusan mempertimbangkan pendapat
  pembimbing dan pengawas sekolah? |  |  |  |  |  | 
Daftar hadir dan notula rapat
  pengambilan keputusan Penilaian Kinerja Guru Pemula pada Program Induksi | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
3. | 
Apakah
  Laporan Penilaian Kinerja Guru Pemula ditandatangani oleh kepala sekolah dan
  pengawas sekolah? |  |  |  |  |  | 
Laporan Penilaian Kinerja Guru Pemula
  yang telah ditanda tangani oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
| 
4. | 
Apakah
  kepala sekolah mengajukan penerbitan sertifikat Program Induksi telah sesuai
  dengan ketentuan ? |  |  |  |  |  | 
Surat pengajuan penerbitan Sertifikat
  Program Induksi | ||||
|  |  | 
Ya |  | 
Tidak | |||||||
|  |  |  |  |  | |||||||
No comments:
Post a Comment