INSTRUMEN
MONITORNG PIGP
|
No
|
Aspek
|
Hasil Monitoring
|
Dokumen Pendukung
|
||||||||
|
|
Persiapan
|
|
|||||||||
|
1.
|
Apakah Progam Induksi telah tertuang
dalam Rencana Kerja Sekolah?
|
|
|
|
|
|
Pelaksanaan Program Induksi yang tertuang
dalam RencanaKerja Sekolah
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
2.
|
Apakah program Induksi telah
teranggarkan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah?
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
3.
|
Apakah sekolah telah memiliki dokumen
Program Induksi dan dokumen pendukungnya?
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
a.
Permendiknas dan Lampiran tentang Program Induksi
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
b.
Panduan Kerja
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
c.
Pedoman Program Induksi
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
d.
Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP)
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
e.
Kalender Pendidikan
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
f.
Struktur Oranisasi Sekolah
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
g.
Pembagian Tugas Guru
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
h.
Pembagian Tugas Tenaga
Kependidikan
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
i.
Peraturan Akademik
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
j.
Tata Tertib Sekolah/Madrasah
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
k.
Kode Etik Sekolah/Madrasah
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
l.
Biaya Operasional
Sekolah/madrasah
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
||||||
|
|
|||||||||||
|
4.
|
Apakah Kepala Sekolah/Madrasah
menyusun Buku Pedoman Program Induksi?
|
|
|
|
|
|
Buku Pedoman Program Induksi
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
5.
|
Apakah kepala sekolah melakukan
analisis kebutuhan?
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Lembar Analisis Kebutuhan yang telah
diisi
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
6.
|
Apakah kepala sekolah memberi tugas
guru yang profesional untuk menjadi pembimbing?
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Surat Tugas Pembimbing
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
7.
|
Apakah sekolah memiliki guru yang
memenuhi kriteria sebagai pembimbing?
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Keberadaan pembimbing sesuai kriteria
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
8.
|
Apakah kepala sekolah berkonsultasi
dengan pengawas sekolah tentang pelaksanaan program Induksi?
|
|
|
|
|
|
Notula dan Daftar Hadir Rapat
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
9.
|
Apakah kepala sekolah
mensosialisasikan Program Induksi kepada warga sekolah?
|
|
|
|
|
|
Bukti Sosialisasi (notula, daftar
hadir, dll), hasil wawancara dengan warga sekolah
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
B. Pelaksanaan
|
||||||||||
|
a. Pengenalan Lingkungan Sekolah
|
|||||||||||
|
1.
|
Apakah
pembimbing memperkenalkan situasi dan kondisi sekolah/madrasah kepada guru
pemula?
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Hasil wawancara guru pemula
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
2.
|
Apakah
pembimbing melakukan pembimbingan dalam menyusunan perencanaan dan
pelaksanaan proses pembelajaran dan tugas terkait lainnya?
|
|
|
|
|
|
Hasil wawancara guru pemula
Dan Lembar Observasi Pembelajaran
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
3.
|
Apakah guru pemula mengamati situasi dan kondisi
sekolah serta lingkungannya, termasuk melakukan observasi di kelas sebagai
bagian pengenalan situasi?
|
|
|
|
|
|
Hasil wawancara guru pemula
Dan Lembar Observasi Pembelajaran
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
4.
|
Apakah guru
pemula mempelajari Buku Pedoman dan Panduan Kerja bagi guru pemula, data-data
sekolah/madrasah, tata tertib sekolah/madrasah, dan kode etik guru?
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Hasil wawancara guru pemula
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
5.
|
Apakah guru
pemula mempelajari ketersediaan dan penggunaan sarana dan sumber belajar di
sekolah/madrasah?
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Hasil wawancara guru pemula
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
6.
|
Apakah guru pemula mempelajari Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan?
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Hasil wawancara guru pemula
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
b.
Pelaksanaan pembimbingan
|
|
|||||||||
|
1.
|
Apakah Pembimbingan Tahap 1
dilaksanakan pada bulan ke-2?
|
|
|
|
|
|
Lembar Observasi Pembelajaran
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
2.
|
Apakah guru pemula bersama pembimbing menyusun Silabus dan Rencana
Pelaksanaan pembelajaran/Pembimbingan (RPP) yang akan digunakan pada
pertemuan minggu-minggu pertama.?
|
|
|
|
|
|
Silabus dan RPP yang dikembangkan guru
Pemula
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
3.
|
Apakah guru
pemula bersama pembimbing menyusun Rencana Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan untuk tahun pertama masa induksi?
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Lembar RPK
|
||||||
|
|
|
|
|
|
PK yang digunakan
|
||||||
|
4.
|
Apakah
selama pembimbingan pembimbing memberi motivasi tentang pentingnya tugas
guru?
|
|
|
|
|
|
Hasil wawancara dengan guru pemula
tentang Pembimbing
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
5.
|
Apakah
selama pembimbingan, pembimbing memberi arahan tentang perencanaan
pembelajaran/pembimbingan, pelaksanaan pembelajaran/pembimbingan dan
penilaian hasil belajar/bimbingan siswa?
|
|
|
|
|
|
Bukti dokumen pembimbingan
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
6.
|
Apakah
selama pembimbingan pembimbing memberi kesempatan untuk melakukan observasi
pembelajaran di kelas dengan menggunakan Lembar Observasi Pembelajaran?
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Lembar Observasi Pembelajaran
Guru lain
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
7.
|
Apakah
selama pembimbingan pembimbing melibatkan guru pemula dalam kegiatan-kegiatan di sekolah?
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Surat Tugas dan Bukti Kegiatan
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
8.
|
Apakah
selama pembimbingan pembimbing memberi arahan dalam menyusun rencana dan pelaksanaan program pada
kegiatan yang menjadi tugas tambahan?
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Hasil wawancara Guru pemula
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
9.
|
Apakah
pembimbing dan guru pemula menentukan fokus elemen kompetensi yang akan
diobservasi?
|
|
|
|
|
|
Hasil wawancara dengan guru pemula
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Lembar obserasi dan Refleksi
|
||||||
|
|
|
|
|
|
Pembelajaran
|
||||||
|
10.
|
Apakah guru
pemula mengisi lembar refleksi setelah ada kesepakatan fokus elemen
kompetensi yang akan diobservasi
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Lembar Refleski yang telah diisi
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
11.
|
Apakah guru
pemula melakukan refleksi pada pasca observasi
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Lembar Refleksi yang telah diisi
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
12.
|
Apakah
pembimbing memberi umpan balik dari hasil observasi dan refleksi?
|
|
|
|
|
|
Hasil wawancara dengan guru pemula, Umpan
balik yang tertulis pada Lembar Observasi Pembelajaran
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
13.
|
Apakah
pembimbing melakukan observasi lebih dari atau sama dengan enam kali?
|
|
|
|
|
|
Jumlah Lembar Observasi yang telah
diisi
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
14.
|
Apakah
pembimbing melakukan observasi pembelajaran di bulan ke 2-9?
|
|
|
|
|
|
Lembar Observasi pembelajaran yang
telah
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Diisi (tangal pelaksanaan)
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
Penilaian
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
15.
|
Apakah
kepala sekolah melakukan obserasi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Lembar Observasi pembelajaran yang
telah
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
Diisi (tangal pelaksanaan)
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
16.
|
Apakah
kepala sekolah melakukan observasi pembelajaran lebih dari atau sama dengan
tiga kali?
|
|
|
|
|
|
Lembar Observasi pembelajaran yang
telah
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh kepala
sekolah
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
17.
|
Apakah
pengawas sekolah melakukan obserasi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Lembar Observasi pembelajaran yang
telah
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh
pengawas Sekolah
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
18.
|
Apakah
pengawas sekolah melakukan observasi pembelajaran lebih dari atau sama dengan
dua kali?
|
|
|
|
|
|
Lembar Observasi pembelajaran yang
telah
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh
pengawas sekolah
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
19.
|
Apakah
kepala sekolah melakukan observasi pembelajaran di bulan ke-10?
|
|
|
|
|
|
Lembar Observasi pembelajaran yang
telah
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh kepala
sekolah
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
20.
|
Apakah
pengawas sekolah melakukan observasi pembelajaran di bulan ke-10?
|
|
|
|
|
|
Lembar Observasi pembelajaran yang
telah
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh
pengawas sekolah
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
Pelaporan
|
||||||||||
|
1.
|
Apakah
kepala sekolah menyusun draft Laporan Penilaian Kinerja Guru pemula dengan
mendiskusikan hasil dengan pembimbing dan pengawas sekolah?
|
|
|
|
|
|
Draft Laporan Penilaian Kinerja Guru
Pemula beserta dokumen pendukung
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
2.
|
Apakah
kepala sekolah dalam menentukan keputusan mempertimbangkan pendapat
pembimbing dan pengawas sekolah?
|
|
|
|
|
|
Daftar hadir dan notula rapat
pengambilan keputusan Penilaian Kinerja Guru Pemula pada Program Induksi
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
3.
|
Apakah
Laporan Penilaian Kinerja Guru Pemula ditandatangani oleh kepala sekolah dan
pengawas sekolah?
|
|
|
|
|
|
Laporan Penilaian Kinerja Guru Pemula
yang telah ditanda tangani oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
4.
|
Apakah
kepala sekolah mengajukan penerbitan sertifikat Program Induksi telah sesuai
dengan ketentuan ?
|
|
|
|
|
|
Surat pengajuan penerbitan Sertifikat
Program Induksi
|
||||
|
|
|
Ya
|
|
Tidak
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
No comments:
Post a Comment