16 April 2019

INSTRUMEN MONITORING PIGP


INSTRUMEN MONITORNG PIGP

No
Aspek
Hasil Monitoring
Dokumen Pendukung


Persiapan


1.
Apakah Progam Induksi telah tertuang dalam Rencana Kerja Sekolah?





Pelaksanaan Program Induksi yang tertuang dalam RencanaKerja Sekolah



Ya

Tidak







2.
Apakah program Induksi telah teranggarkan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah?





Alokasi dana pada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)



Ya

Tidak







3.
Apakah sekolah telah memiliki dokumen Program Induksi dan dokumen pendukungnya?






Bukti dokumen
 

a.      Permendiknas  dan Lampiran tentang Program Induksi


Ya

Tidak














b.      Panduan Kerja


Ya

Tidak








c.      Pedoman Program Induksi


Ya

Tidak








d.     Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)


Ya

Tidak







e.      Kalender Pendidikan


Ya

Tidak








f.       Struktur Oranisasi Sekolah


Ya

Tidak








g.      Pembagian Tugas Guru


Ya

Tidak








h.      Pembagian Tugas Tenaga Kependidikan


Ya

Tidak







i.        Peraturan Akademik


Ya

Tidak








j.        Tata Tertib Sekolah/Madrasah


Ya

Tidak








k.      Kode Etik Sekolah/Madrasah


Ya

Tidak








l.        Biaya Operasional Sekolah/madrasah


Ya

Tidak



4.
Apakah Kepala Sekolah/Madrasah menyusun Buku Pedoman Program Induksi?





Buku Pedoman Program Induksi



Ya

Tidak







5.
Apakah kepala sekolah melakukan analisis kebutuhan?









Ya

Tidak
Lembar Analisis Kebutuhan yang telah diisi













6.
Apakah kepala sekolah memberi tugas guru yang profesional untuk menjadi pembimbing?









Ya

Tidak
Surat Tugas Pembimbing








7.
Apakah sekolah memiliki guru yang memenuhi kriteria sebagai pembimbing?









Ya

Tidak
Keberadaan pembimbing sesuai kriteria













8.
Apakah kepala sekolah berkonsultasi dengan pengawas sekolah tentang pelaksanaan program Induksi?





Notula dan Daftar Hadir Rapat



Ya

Tidak







9.
Apakah kepala sekolah mensosialisasikan Program Induksi kepada warga sekolah?





Bukti Sosialisasi (notula, daftar hadir, dll), hasil wawancara dengan warga sekolah



Ya

Tidak














B. Pelaksanaan

a.   Pengenalan Lingkungan Sekolah

1.
Apakah pembimbing memperkenalkan situasi dan kondisi sekolah/madrasah kepada guru pemula?









Ya

Tidak
Hasil wawancara guru pemula








2.
Apakah pembimbing melakukan pembimbingan dalam menyusunan perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran dan tugas terkait lainnya?





Hasil wawancara guru pemula
Dan Lembar Observasi Pembelajaran



Ya

Tidak







3.
Apakah  guru pemula mengamati situasi dan kondisi sekolah serta lingkungannya, termasuk melakukan observasi di kelas sebagai bagian pengenalan situasi?





Hasil wawancara guru pemula
Dan Lembar Observasi Pembelajaran



Ya

Tidak







4.
Apakah guru pemula mempelajari Buku Pedoman dan Panduan Kerja bagi guru pemula, data-data sekolah/madrasah, tata tertib sekolah/madrasah, dan kode etik guru?









Ya

Tidak
Hasil wawancara guru pemula








5.
Apakah guru pemula mempelajari ketersediaan dan penggunaan sarana dan sumber belajar di sekolah/madrasah?









Ya

Tidak
Hasil wawancara guru pemula








6.
Apakah guru pemula mempelajari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan?









Ya

Tidak
Hasil wawancara guru pemula









b.     Pelaksanaan pembimbingan

1.
Apakah Pembimbingan Tahap 1 dilaksanakan pada bulan ke-2?





Lembar Observasi Pembelajaran



Ya

Tidak













2.
Apakah guru pemula bersama pembimbing menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan pembelajaran/Pembimbingan (RPP) yang akan digunakan pada pertemuan minggu-minggu pertama.?





Silabus dan RPP yang dikembangkan guru Pemula



Ya

Tidak







3.
Apakah guru pemula bersama pembimbing menyusun Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk tahun pertama masa induksi?









Ya

Tidak
Lembar RPK






PK yang digunakan

4.
Apakah selama pembimbingan pembimbing memberi motivasi tentang pentingnya tugas guru?





Hasil wawancara dengan guru pemula tentang Pembimbing



Ya

Tidak







5.
Apakah selama pembimbingan, pembimbing memberi arahan tentang perencanaan pembelajaran/pembimbingan, pelaksanaan pembelajaran/pembimbingan dan penilaian hasil belajar/bimbingan siswa?





Bukti dokumen pembimbingan



Ya

Tidak









6.
Apakah selama pembimbingan pembimbing memberi kesempatan untuk melakukan observasi pembelajaran di kelas dengan menggunakan Lembar Observasi Pembelajaran?









Ya

Tidak
Lembar Observasi Pembelajaran
Guru lain







7.
Apakah selama pembimbingan pembimbing melibatkan guru pemula dalam kegiatan-kegiatan di sekolah?









Ya

Tidak
Surat Tugas dan Bukti Kegiatan








8.
Apakah selama pembimbingan pembimbing memberi arahan dalam menyusun rencana dan pelaksanaan program pada kegiatan yang menjadi tugas tambahan?









Ya

Tidak
Hasil wawancara Guru pemula








9.
Apakah pembimbing dan guru pemula menentukan fokus elemen kompetensi yang akan diobservasi?





Hasil wawancara dengan guru pemula



Ya

Tidak
Lembar obserasi dan Refleksi






Pembelajaran

10.
Apakah guru pemula mengisi lembar refleksi setelah ada kesepakatan fokus elemen kompetensi yang akan diobservasi









Ya

Tidak
Lembar Refleski yang telah diisi








11.
Apakah guru pemula melakukan refleksi pada pasca observasi









Ya

Tidak
Lembar Refleksi yang telah diisi








12.
Apakah pembimbing memberi umpan balik dari hasil observasi dan refleksi?





Hasil wawancara dengan guru pemula, Umpan balik yang tertulis pada Lembar Observasi Pembelajaran



Ya

Tidak







13.
Apakah pembimbing melakukan observasi lebih dari atau sama dengan enam kali?





Jumlah Lembar Observasi yang telah diisi



Ya

Tidak







14.
Apakah pembimbing melakukan observasi pembelajaran di bulan ke 2-9?





Lembar Observasi pembelajaran yang telah



Ya

Tidak
Diisi (tangal pelaksanaan)









Penilaian







15.
Apakah kepala sekolah melakukan obserasi pembelajaran





Lembar Observasi pembelajaran yang telah



Ya

Tidak
Diisi (tangal pelaksanaan)








16.
Apakah kepala sekolah melakukan observasi pembelajaran lebih dari atau sama dengan tiga kali?





Lembar Observasi pembelajaran yang telah
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh kepala sekolah



Ya

Tidak







17.
Apakah pengawas sekolah melakukan obserasi pembelajaran





Lembar Observasi pembelajaran yang telah
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh pengawas  Sekolah



Ya

Tidak







18.
Apakah pengawas sekolah melakukan observasi pembelajaran lebih dari atau sama dengan dua kali?





Lembar Observasi pembelajaran yang telah
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh pengawas sekolah



Ya

Tidak







19.
Apakah kepala sekolah melakukan observasi pembelajaran di bulan ke-10?





Lembar Observasi pembelajaran yang telah
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh kepala sekolah



Ya

Tidak







20.
Apakah pengawas sekolah melakukan observasi pembelajaran di bulan ke-10?





Lembar Observasi pembelajaran yang telah
Diisi (tangal pelaksanaan) oleh pengawas sekolah



Ya

Tidak








Pelaporan

1.
Apakah kepala sekolah menyusun draft Laporan Penilaian Kinerja Guru pemula dengan mendiskusikan hasil dengan pembimbing dan pengawas sekolah?





Draft Laporan Penilaian Kinerja Guru Pemula beserta dokumen pendukung



Ya

Tidak







2.
Apakah kepala sekolah dalam menentukan keputusan mempertimbangkan pendapat pembimbing dan pengawas sekolah?





Daftar hadir dan notula rapat pengambilan keputusan Penilaian Kinerja Guru Pemula pada Program Induksi



Ya

Tidak







3.
Apakah Laporan Penilaian Kinerja Guru Pemula ditandatangani oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah?





Laporan Penilaian Kinerja Guru Pemula yang telah ditanda tangani oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah



Ya

Tidak







4.
Apakah kepala sekolah mengajukan penerbitan sertifikat Program Induksi telah sesuai dengan ketentuan ?





Surat pengajuan penerbitan Sertifikat Program Induksi



Ya

Tidak


















No comments:

Post a Comment