16 April 2019

PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


A.    PENDAHULUAN
Berdasarkan pasal 25 PP No.28 tahun 1990 tentang Bimbingan, bahwa kurikulum pendidikan dasar dalam pelaksanaannya didukung dengan suatu system layanan bimbingan yang lebih banyak menekankan kepada bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karier.
Siswa sekolah dasar pada umumnya berusia 6 – 13 tahun dan dalam tahap perkembangannya sedang berada pada masa kanak-kanak, dimana mereka mempunyai :
1.      Dorongan yang besar untuk berhubungan dengan kelompok sebaya yang lebih luas dari lingkungan keluarga
2.      Dorongan ingin tahu tentang dunia sekitarnya
3.      Pertumbuhan fisik mendorong anak untuk menyenangi permainan yang dapat mengarah pada dunia pekerjaan
Sehubungan dengan hal tersebut, maka anak perlu diberikan layanan bimbingan untuk membantu siswa memperoleh perkembangan secara optimal sesuai bakat dan kemampuannya selama proses pendidikan di sekolah dasar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

B.     TUJUAN
Bimbingan pada dasarnya merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan. Dan bimbingan bertujuan membantu siswa agar dapat memenuhi tugas-tugas perkembangan yang meliputi aspek pribadi, sosial, pendidikan dan karier sesuai dengan tuntutan lingkungan.



C.    FUNGSI
Berdasarkan tujuan yang hendak dicapainya, maka layanan bimbingan berfungsi :
1.      Fungsi pemahaman
a.       Pemahaman tentang diri siswa terutama oleh siswa sendiri, orangtua, guru dan pembimbing.
b.      Pemahaman tentang lingkungan siswa (termasuk di dalamnya lingkungan keluarga, sekolah dan  masyarakat sekitar )
c.       Pemahaman tentang informasi termasuk di dalamnya informasi pendidikan, informasi jabatan/pekerjaan dan informasi budaya (nilai-nilai) terutama oleh siswa.
2.      Fungsi pencegahan/preventif
Yaitu fungsi bimbingan yang akan menghasilkan terhindarnya siswa dari berbagai permasalahan yang dapat mengganggu,menghambat atau menimbulkan kesulitan-kesulitan dalam proses perkembangannya.
3.      Fungsi Perbaikan/kuratif
Yaitu fungsi bimbingan yang akan menghasilkan teratasinya berbagai permasalahan yang dialami oleh siswa.
4.      Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan
Yaitu fungsi bimbingan yang akan menghasilkan terpelihara dan berkembangnya berbagai potensi dan kondisi positif siswa dalam rangka perkembangan dirinya secara mantap dan berkelanjutan.

D.    SASARAN
Layanan bimbingan hendaknya disesuaikan dengan sasaran layanan bimbingan serta sesuai dengan perkembangan siswa dalam aspek pribadi, sosial, belajar, dan karier. Di samping itu juga harus diperhatikan pula kebutuhan siswa masing-masing tingkatan kelas







PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

SDN …………………………              KECAMATAN SUKOHARJO
Alamat: ………………………………………………………….


PROGRAM KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING KELAS I
TAHUN PELAJARAN AJARAN 2015 / 2016

No
PROGRAM KEGIATAN
BULAN
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6
A.
PRIBADI












1.
Mengenal ciri-ciri yang ada dalam diri sendiri












2.
Menunjukkan makna sikap terpuji dan tercela












3.
Mengenalkan cara hidup sehat dengan makanan bergizi dan olahraga












4.
Menggambarkan peran sebagai anggota keluarga di rumah












5.
Mengenalkan ciri khusus bagi orang lain












6.
Menjelaskan makna kerjasama












7.
Menggambarkan berbagai perasaan dalam berbagai situasi












8.
Melatih cara mengambil keputusan sendiri












9.
Mengenalkan cara mengungkapkan perasaan bahagia dan sedih












10.
Membimbing berpikir positif












11.
Mengenalkan persamaan dan perbedaan orang lain dan siswa












12.
Mengenalkan cara hidup bersih dan sehat












B.
SOSIAL












1.
Membimbing siswa menciptakan dan memelihara persahabatan












2.
Membimbing siswa mengenali kecakapan yang dimiliki untuk penampilan  suatu tugas ttt












3.
Menjelaskan cara menjadi pendengar yang baik












4.
Menjelaskan perlunya memiliki beberapa pilihan sebelum mengambil keputusan












5.
Melatih cara mengenal diri sendiri kepada orang lain












6.
Melatih sikap tenang dan tabah ketika menghadapi perasaan tertekan












7.
Melatih siswa mengenali hal-hal yang disukai dari orang lain












8.
Melatih siswa mengenali tanggung jawab orang dewasa yang diketahui












9.
Mengenalkan pengaruh tindakan siswa terhadap orang lain












10.
Mengenalkan sopan santun berbicara dengan orang lain












11.
Mengenalkan akibat dari keputusan yang diambil












12.
Membimbing siswa mendiskusikan macam-macam ketrampilan yang dimiliki












C.
BELAJAR












1.
Mengenalkan cara merencanakan cita-cita












2.
Memotivasi agar menyenangi mata pelajaran












3.
Menjelaskan arti suatu ulangan dalam kegiatan belajar












4.
Mengenalkan manfaat belajar yang benar












5.
Mengenalkan tujuan belajar












6.
Mengenalkan hambatan dalam belajar












7.
Menjelaskan tujuan suatu ulangan












8.
Menunjukkan bahwa membuat catatan yang teratur dapat membantu belajar lebih baik  












9.
Mengenalkan situasi yang mendukung kemudahan dalam belajar












10.
Menjelaskan pentingnya ketrampilan “mengingat” dalam menghadapi ulangan












11.
Membimbing diskusi siswa tentang cara merencanakan belajar yang baik di  sekolah












D.
KARIER












1.
Mengenalkan perbedaan antara kawan sebaya












2.
Menggambarkan perkembangan diri siswa












3.
Menjelaskan bahwa bekerja itu penting bagi kehidupan sesuai dengan tuntutan lingkungan












4.
Mengenalkan ketrampilan yang dimiliki












5.
Menjelaskan macam-macam pekerjaan yang ada di lingkungan sekolah












6.
Menggambarkan kegiatan setelah tamat sekolah












7.
Mengenalkan macam pekerjaan yang dilakukan orang dewasa












8.
Mengenalkan kegiatan-kegiatan yang menarik












9.
Mengenalkan alasan orang memilih suatu pekerjaan dan pilihan itu masih   dapat berubah












10.
Menjelaskan bahwa kehidupan masa depan dapat direncanakan sejak  sekarang












11.
Mengenalkan bahwa seseorang dapat memiliki banyak peran












12.
Menjelaskan pekerjaan seseorang dipengaruhi oleh minat dan kecakapannya












13
Melatih dan atau membimbing siswa untuk persiapan lomba













                                                                                  …………………..,………………………..

Kepala Sekolah




…………………………………
NIP. ………………………..
Guru Kelas  I




………………………………..
NIP. ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,




No comments:

Post a Comment