PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
A.
PENDAHULUAN
Berdasarkan pasal
25 PP No.28 tahun 1990 tentang Bimbingan, bahwa kurikulum pendidikan dasar dalam
pelaksanaannya didukung dengan suatu system layanan bimbingan yang lebih banyak
menekankan kepada bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan
karier.
Siswa sekolah dasar
pada umumnya berusia 6 – 13 tahun dan dalam tahap perkembangannya sedang berada
pada masa kanak-kanak, dimana mereka mempunyai :
1. Dorongan yang
besar untuk berhubungan dengan kelompok sebaya yang lebih luas dari lingkungan
keluarga
2. Dorongan ingin
tahu tentang dunia sekitarnya
3. Pertumbuhan fisik mendorong
anak untuk menyenangi permainan yang dapat mengarah pada dunia pekerjaan
Sehubungan dengan hal
tersebut, maka anak perlu diberikan layanan bimbingan untuk membantu siswa memperoleh
perkembangan secara optimal sesuai bakat dan kemampuannya selama proses
pendidikan di sekolah dasar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
B.
TUJUAN
Bimbingan pada dasarnya
merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi,
mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan. Dan bimbingan bertujuan membantu
siswa agar dapat memenuhi tugas-tugas perkembangan yang meliputi aspek pribadi,
sosial, pendidikan dan karier sesuai dengan tuntutan lingkungan.
C.
FUNGSI
Berdasarkan tujuan
yang hendak dicapainya, maka layanan bimbingan berfungsi :
1.
Fungsi pemahaman
a.
Pemahaman tentang diri siswa terutama oleh siswa sendiri,
orangtua, guru dan pembimbing.
b.
Pemahaman tentang lingkungan siswa (termasuk di dalamnya lingkungan
keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar
)
c.
Pemahaman tentang informasi termasuk di dalamnya informasi
pendidikan, informasi jabatan/pekerjaan dan informasi budaya (nilai-nilai)
terutama oleh siswa.
2.
Fungsi pencegahan/preventif
Yaitu fungsi bimbingan yang akan menghasilkan terhindarnya
siswa dari berbagai permasalahan yang dapat mengganggu,menghambat atau
menimbulkan kesulitan-kesulitan dalam proses perkembangannya.
3.
Fungsi Perbaikan/kuratif
Yaitu fungsi bimbingan yang akan menghasilkan
teratasinya berbagai permasalahan yang dialami oleh siswa.
4.
Fungsi Pemeliharaan dan
Pengembangan
Yaitu fungsi bimbingan yang akan menghasilkan
terpelihara dan berkembangnya berbagai potensi dan kondisi positif siswa dalam
rangka perkembangan dirinya secara mantap dan berkelanjutan.
D.
SASARAN
Layanan bimbingan hendaknya
disesuaikan dengan sasaran layanan bimbingan serta sesuai dengan perkembangan siswa
dalam aspek pribadi, sosial, belajar, dan karier. Di samping itu juga harus diperhatikan
pula kebutuhan siswa masing-masing tingkatan kelas
PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SDN ………………………… KECAMATAN
SUKOHARJO
Alamat: ………………………………………………………….
PROGRAM KEGIATAN
BIMBINGAN DAN KONSELING KELAS I
TAHUN PELAJARAN AJARAN 2015 / 2016
No
|
PROGRAM KEGIATAN
|
BULAN
|
|||||||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
A.
|
PRIBADI
|
||||||||||||
1.
|
Mengenal ciri-ciri yang ada dalam diri sendiri
|
||||||||||||
2.
|
Menunjukkan makna sikap terpuji dan tercela
|
||||||||||||
3.
|
Mengenalkan cara hidup sehat dengan makanan
bergizi dan olahraga
|
||||||||||||
4.
|
Menggambarkan peran sebagai anggota keluarga di
rumah
|
||||||||||||
5.
|
Mengenalkan ciri khusus bagi orang lain
|
||||||||||||
6.
|
Menjelaskan makna kerjasama
|
||||||||||||
7.
|
Menggambarkan berbagai perasaan dalam berbagai
situasi
|
||||||||||||
8.
|
Melatih cara mengambil keputusan sendiri
|
||||||||||||
9.
|
Mengenalkan cara mengungkapkan perasaan bahagia
dan sedih
|
||||||||||||
10.
|
Membimbing berpikir positif
|
||||||||||||
11.
|
Mengenalkan persamaan dan perbedaan orang lain
dan siswa
|
||||||||||||
12.
|
Mengenalkan cara hidup bersih dan sehat
|
||||||||||||
B.
|
SOSIAL
|
||||||||||||
1.
|
Membimbing siswa menciptakan dan memelihara persahabatan
|
||||||||||||
2.
|
Membimbing siswa mengenali kecakapan yang
dimiliki untuk penampilan suatu tugas
ttt
|
||||||||||||
3.
|
Menjelaskan cara menjadi pendengar yang baik
|
||||||||||||
4.
|
Menjelaskan perlunya memiliki beberapa pilihan
sebelum mengambil keputusan
|
||||||||||||
5.
|
Melatih cara mengenal diri sendiri kepada orang
lain
|
||||||||||||
6.
|
Melatih sikap
tenang dan tabah ketika menghadapi perasaan tertekan
|
||||||||||||
7.
|
Melatih siswa mengenali hal-hal yang disukai
dari orang lain
|
||||||||||||
8.
|
Melatih siswa mengenali tanggung jawab orang
dewasa yang diketahui
|
||||||||||||
9.
|
Mengenalkan pengaruh tindakan siswa terhadap
orang lain
|
||||||||||||
10.
|
Mengenalkan sopan santun berbicara dengan orang
lain
|
||||||||||||
11.
|
Mengenalkan akibat dari keputusan yang diambil
|
||||||||||||
12.
|
Membimbing siswa mendiskusikan macam-macam
ketrampilan yang dimiliki
|
||||||||||||
C.
|
BELAJAR
|
||||||||||||
1.
|
Mengenalkan cara merencanakan cita-cita
|
||||||||||||
2.
|
Memotivasi agar menyenangi mata pelajaran
|
||||||||||||
3.
|
Menjelaskan arti suatu ulangan dalam kegiatan
belajar
|
||||||||||||
4.
|
Mengenalkan manfaat belajar yang benar
|
||||||||||||
5.
|
Mengenalkan tujuan belajar
|
||||||||||||
6.
|
Mengenalkan hambatan dalam belajar
|
||||||||||||
7.
|
Menjelaskan tujuan suatu ulangan
|
||||||||||||
8.
|
Menunjukkan bahwa membuat catatan yang teratur
dapat membantu belajar lebih baik
|
||||||||||||
9.
|
Mengenalkan situasi yang mendukung kemudahan
dalam belajar
|
||||||||||||
10.
|
Menjelaskan pentingnya ketrampilan “mengingat”
dalam menghadapi ulangan
|
||||||||||||
11.
|
Membimbing diskusi siswa tentang cara
merencanakan belajar yang baik di sekolah
|
||||||||||||
D.
|
KARIER
|
||||||||||||
1.
|
Mengenalkan perbedaan antara kawan sebaya
|
||||||||||||
2.
|
Menggambarkan perkembangan diri siswa
|
||||||||||||
3.
|
Menjelaskan bahwa bekerja itu penting bagi
kehidupan sesuai dengan tuntutan lingkungan
|
||||||||||||
4.
|
Mengenalkan ketrampilan yang dimiliki
|
||||||||||||
5.
|
Menjelaskan macam-macam pekerjaan yang ada di
lingkungan sekolah
|
||||||||||||
6.
|
Menggambarkan
kegiatan setelah tamat sekolah
|
||||||||||||
7.
|
Mengenalkan macam pekerjaan yang dilakukan
orang dewasa
|
||||||||||||
8.
|
Mengenalkan kegiatan-kegiatan yang menarik
|
||||||||||||
9.
|
Mengenalkan alasan orang memilih suatu
pekerjaan dan pilihan itu masih dapat
berubah
|
||||||||||||
10.
|
Menjelaskan bahwa kehidupan masa depan dapat
direncanakan sejak sekarang
|
||||||||||||
11.
|
Mengenalkan bahwa seseorang dapat memiliki
banyak peran
|
||||||||||||
12.
|
Menjelaskan pekerjaan seseorang dipengaruhi
oleh minat dan kecakapannya
|
||||||||||||
13
|
Melatih dan atau membimbing siswa untuk
persiapan lomba
|
||||||||||||
…………………..,………………………..
Kepala Sekolah
…………………………………
NIP. ………………………..
|
Guru Kelas I
………………………………..
NIP. ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
|
No comments:
Post a Comment