KRITERIA PENILAIAN KINERJA
GURU PEMULA
PADA PROGRAM INDUKSI GURU
PEMULA (PIGP)
|
Kompetensi
|
Elemen Kompetensi
|
Deskripsi Kompetensi
|
Indikator
Penilaian
|
Kriteria Penilaian
|
|
|
1. Pedagogik
|
1.1 Memahami
latar belakang siswa
|
Guru memahami karakteristik siswa yang terkait dengan aspek
fisik, intelektual, social-emosional, moral, dan latar belakang
sosial-budaya, dan mampu menerapkan pemahamannya itu untuk membantu
meningkatkan potensi siswa selama proses pembelajaran.
|
1.
Guru
memperhatikan semua siswa pada awal pembelajaran
2.
Guru
memperlakukan siswa secara adil
3.
Guru
menghargai jawaban siswa
4.
Guru
memotivasi siswa untuk terlibat dalam
proses pembelajaran
|
4
3
2
1
|
Jika
4 indikator penilaian terpenuhi
Jika
3 indikator penilaian terpenuhi
Jika
2 indikator penilaian terpenuhi
Jika
1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
1.2 Memahami teori dan prinsip pembelajaran
|
Guru mampu menerapkan berbagai pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
|
1.
Guru
menjadi fasilitator siswa dalam belajar
2.
Guru
mengkondisikan siswa untuk dapat belajar
3.
Guru
menggunakan pendekatan pembelajaran yang cocok dengan kondisi siswa dan
tujuan yang ingin dicapai
4.
Guru
menggunakan beberapa metode yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran
5.
Guru
menerapkan berbagai teknik pembelajaran
6.
Guru
menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran
secara simultan dalam rangka membantu siswa untuk belajar
|
4
3
2
1
|
Jika≥ 7 indikator penilaian terpenuhi
Jika5-6 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3-4 indikator penilaian
terpenuhi
Jika 1-2
indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
1.3
Pengembangan Kurikulum
|
Guru mampu mengembangkan berbagai aspek yang terkait
dengan kegiatan pembelajaran, mulai dari pengembangan silabi, RPP yang antara
lain memuat tujuan pembelajaran yang jelas, kompetensi dasar yang diharapkan
dicapai oleh siswa, indikator ketercapaian kompetensi, materi pembelajaran,
media pembelajaran, rancangan kegiatan belajar mengajar, alokasi waktu,
rancangan strategi pembelajaran yang akan diterapkan, sampai rancangan alat
ukur untuk menilai hasil belajar siswa serta kriteria penilaian yang terkait.
|
1. Guru mengembangkan silabi
2. Guru mengembangkan RPP
3. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran dengan jelas
4. Guru mengemukakan indikator Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4. Guru mengembangkan media yang relevan
5.Guru mengembangkan materi yang relevan baik yang
diambil dari buku sumber yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Nasional
(Buku paket) maupun yang dikompilasi atau disusun sendiri
|
4
3
2
1
|
Jika≥ 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1
indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
1.4
Aktivitas Pengembangan
Pendidikan
|
Guru mampu melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan (PAIKEM) dalam upaya mengembangkan potensi siswa
|
1. Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai
2. Guru pemula
mengembangkan dan melakukan kativitas pendidikan yang
3.
Guru pemula menggunakan ICT untuk pembelajarandan pembelajaran
|
4
3
2
1
|
Jika
4 indikator penilaian terpenuhi
Jika
3 indikator penilaian terpenuhi
Jika
2 indikator penilaian terpenuhi
Jika
1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
1.5
Mengembangkan potensi siswa
|
Guru memperhatikan siswa
secara individual dengan cara memberikan perhatian (misalnya menyebut nama
siswa, berkeliling melihat pekerjaan siswa, menanggapi pertanyaan siswa,
bertanya dengan menyebut nama siswa yang ditunjuk), melakukan pembinaan, dan
memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan siswa
|
1. Guru dapat menarik perhatian semua siswa pada awal pembelajaran
2. Semua siswa tampak antusias memperhatikan penjelasan guru
3. Guru memperhatikan siswa secara individual
4. Semua siswa terlibat dalam pengerjaan tugas
5. Guru memanfaatkan media pembelajaran
6. Guru memanfaatkan teknologi pembelajaran yang relevan
7. Semua siswa aktif mengikuti proses pembelajaran
8. Semua siswa aktif mengerjakan tugas yang diberikan guru
9. Tidak ada siswa yang menunjukkan keraguan atau
ketidakpahaman tentang topik yang diterangkan guru.
|
4:
3:
2:
1:
|
Jika≥ 7 indikator penilaian terpenuhi
Jika 5-6 indikator penilaian
terpenuhi
Jika 3-4 indikator penilaian
terpenuhi
Jika 1-2
indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
1. Pedagogik
|
1.6 Komunikasi dengan siswa
|
Guru mampu berkomunikasi secara santun kepada siswa dan
selalu merespon siswa secara adil dan mendidik.
|
1.
Guru
melakukan interaksi secara aktif dengan siswa selama pembelajaran berlangsung
2.
Guru
melibatkan siswa dalam pembelajaran
3.
Guru
merespon setiap pertanyaan siswa yang relevan dengan topic yang seeding dibicarakan
4.
Guru
meluruskan pertanyaan yang kurang benar dari siswa
|
4
3
2
1
|
Jika
4 indikator penilaian terpenuhi
Jika
3 indikator penilaian terpenuhi
Jika
2 indikator penilaian terpenuhi
Jika
1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
1.7 Penilaian dan Evaluasi
|
1. Guru menggunakan berbagai cara, baik formal maupun
informal untuk mendeteksi bahwa siswa sudah belajar, sudah menguasai dan memanfaatkan
pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya.
2. Guru memanfaatkan hasil penilaian tersebut untuk
merencanakan pembelajaran pada masa yang akan datang supaya tidak ada siswa yang kemampuan atau
prestasinya tertinggal diantara sebagian besar siswa.
3. Guru memanfaatkan hasil penilaian tersebut untuk
merencanakan pembelajaran yang berkualitas pada masa yang akan dating
|
1. menginformasikan silabus mata
pelajaran yang di dalamnya memuat rancangan dan kriteria penilaian pada awal
semester.
2. mengembangkan indikator pencapaian
KD dan memilih teknik penilaian yang sesuai pada saat menyusun silabus mata
pelajaran.
3. mengembangkan instrumen dan
pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian yang dipilih.
4. melaksanakan tes, pengamatan,
penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan.
5. mengolah hasil penilaian untilk
mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar peserta didik.
6. mengembalikan hasil pemeriksaan
pekerjaan peserta didik disertai balikan/komentar yang mendidik.
7. memanfaatkan hasil penilaian untuk
perbaikan pembelajaran.
8. melaporkan hasil penilaian mata
pelajaran pada setiap akhir semester kepada pimpinan satuan pendidikan dalam
bentuk satu nilai prestasi belajar peserta didik disertai deskripsi singkat
sebagai cerminan kompetensi utuh.
9. melaporkan hasil penilaian akhlak
kepada guru Pendidikan Agama dan hasil penilaian kepribadian kepada guru
Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir
semester akhlak dan kepribadian peserta didik dengan kategori sangat baik,
baik, atau kurang baik.
|
4
3
2
1
|
Jika≥ 7 indikator penilaian terpenuhi
Jika 5-6 indikator penilaian
terpenuhi
Jika 3-4 indikator penilaian
terpenuhi
Jika 1-2
indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
2. Kepribadian
|
2.1 Bertindak
sesuai norma, kebiasaan dan hukum di Indonesia
|
Guru bertindak sesuai dengan hukum yang
berlaku di Indonesia. Semua kegiatan yang dilaksanakan oleh guru
mengindikasikan penghargaannya terhadap berbagai agama dan/atau keyakinan
yang dianut, suku, adat-istiadat dan gender.
|
1. Guru memperhatikan
siswa didalam kelas secara individu
2. Guru tidak
pernah menertawakan siswa apapun alasannya
3. Guru melarang
siswa menertawakan siswa lain apapun alasannya
4. Guru memahami
latar belakang siswa terutama yang berasal dari daerah lain atau yang
memiliki pengalaman lain.
5. Dalam kegiatan apapun,
guru selalu memperhatikan dan menghargai Pancasila sebgai pegangan hidup
bermasyarakat
|
4
3
2
1
|
Jika
≥ 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika
3 indikator penilaian terpenuhi
Jika
2 indikator penilaian terpenuhi
Jika
1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
2.2 Model peran yang stabil dan dewasa
|
Guru menjadi teladan bagi siswa dalam berbicara, bersikap,
dan berperilaku baik di sekolah maupun diluar sekolah
|
1.
Siswa
berbicara dengan sopan terhadap guru
2.
Siswa
berani bertanya kepada guru baik yang menyangkut pelajaran maupun yang
berkaitan dengan hal-hal yang bersifat pribadi
3.
Orang
tua siswa berani membahas kemajuan siswa dengan guru
4.
Teman
sejawat menghargai guru sebagai sosok guru yang kinerjanya patut dicontoh
5. Teman sejawat bersedia berbagi pengalaman
dengan guru
6. Kepala sekolah menghargai guru sebagai
orang yang dapat dipercaya
|
4
3
2
1
|
Jika
5-6 indikator penilaian terpenuhi
Jika
3-4 indikator penilaian terpenuhi
Jika
2 indikator penilaian terpenuhi
Jika
1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
|
2.3 Etos kerja dan komitmen serta kebanggaan
menjadi guru
|
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab
yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
|
1. Menunjukkan etos kerja tinggi.
2. Menunjukkan sikap tanggungjawab yang
tingi
3. Bangga menjadi guru dan percaya pada
diri sendiri.
4. Bekerja mandiri secara profesional.
|
4
3
2
1
|
Jika
4 indikator penilaian terpenuhi
Jika
3 indikator penilaian terpenuhi
Jika
2 indikator penilaian terpenuhi
Jika
1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
3. Sosial
|
3.1 Bertindak inklusif dan obyektif serta tidak diskriminatif
|
Bersikap inklusif, bertindak
objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama,
ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi
|
1. Bersikap inklusif terhadap peserta
didik dalam melaksanakan pembelajaran.
2. Bertindak objektif terhadap peserta
didik dalam melaksanakan pembelajaran.
3. Bersikap inklusif dan bertindak
objektif terhadap teman sejawat dan lingkungan sekitar.
4. Tidak bersikap diskriminatif terhadap
peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah
karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan
status sosial-ekonomi.
|
4
3
2
1
|
Jika
4 indikator penilaian terpenuhi
Jika
3 indikator penilaian terpenuhi
Jika
2 indikator penilaian terpenuhi
Jika
1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
3.2 Berkomunikasi dengan guru, staf pendidikan, orang tua, dan
masyarakat
|
Memiliki
keterampilan berkomunikasi yanng efektif, empatik, santun, baik secara lisan
maupun tulisan.
|
1. Berkomunikasi dengan teman sejawat
dan komunitas ilmiah lainnya secara santun, empatik dan efektif.
2. Beromunikasi dengan peserta didik
dengan santun, empattik dan efektif
3. Berkomunikasi dengan orang tua
peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif tentang
program pembelajaran dan kemajuan peserta didik
4. Mengikutsertakan orang tua peserta
didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan
belajar peserta didik
|
4
3
2
1
|
Jika
4 indikator penilaian terpenuhi
Jika
3 indikator penilaian terpenuhi
Jika
2 indikator penilaian terpenuhi
Jika
1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
4. Profesional
|
4.1 Pengetahuan dan pemahaman tentang
struktur, isi dan standar kompetensi untuk mata pelajaran serta tahapan yang
diajarkan
|
Guru memiliki kemampuan penguasaan materi yang sesuai dengan standar
kompetensi dan menyampaikannya dengan sistematis.
|
1. Mampu menyampaikan materi
pembelajaran secara sistematis, dengan langkah-langkah pembelajaran (pembuka,
kegiatan inti, dan penutup)
2. Menjelaskan materi dengan percaya
diri
3. Menjawab pertanyaan siswa dengan
jelas dan tepat
4. Mampu mengkaitkan konsep dengan
kehidupan sehari-hari
5. Mengajukan pertanyaan kepada siswa
yang tepat dan relevan
|
4:
3:
2:
1:
|
Jika
≥ 4 indikator yang terpenuhi
Jika
3 indikator yang terpenuhi
Jika
2 indikator yang terpenuhi
Jika
1 indikator yang terpenuhi
|
|
4.2 Profesionalitas yang meningkat melalui
refleksi diri
|
Memiliki kemampuan evaluasi dan refleksi diri terhadap proses
pembelajaran dan dapat menentukan tindaklanjut untuk meningkatkan proses
pembelajaran berikutnya
|
1.
Mampu melakukan refleksi dan mereview kinerja siswa
2.
Memiliki pengetahuan tentang pendidikan yang
kontektual
3. Mampu
menggunakan ICT untuk komunikasi dan pengembangan
professional
4. Mampu melakukan penelitian tindakan
kelas
|
4:
3:
2:
1:
|
Jika
4 indikator penilaian terpenuhi
Jika
3 indikator penilaian terpenuhi
Jika
2 indikator penilaian terpenuhi
Jika
1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
No comments:
Post a Comment