13 April 2019

PENILAIAN KINERJA GURU PEMULA PADA PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA (PIGP)


PENILAIAN KINERJA GURU PEMULA
PADA PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA (PIGP)

a.  Nama Guru Pemula      :  Eti Mayasari, S.Pd.I                                                   d.  Tanggal pelaksanaan    :  ……………………………………………….
b.  NIP                                :  19871222 201902 2 003                                           e.  Observasi ke                 :  ……………………………………………….
c.  Unit Kerja                      :  SD Negeri Kajeksan                                                   f.   Observer/Penilai          :  ……………………………………………….

Kompetensi
Sub Kompetensi
Deskripsi Sub Kompetensi
Indikator Penilaian
Kriteria Penilaian
Skor
Deskripsi
1.    Pedagogik
1.1  Memahami latar belakang siswa

Guru memahami karakteristik siswa yang terkait dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial-budaya, dan mampu menerapkan pemahamannya itu untuk membantu meningkatkan potensi siswa selama proses pembelajaran.

1.    Guru memperhatikan semua siswa pada awal pembelajaran
2.    Guru memperlakukan siswa secara adil
3.    Guru menghargai jawaban siswa
4.    Guru memotivasi  siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran

4

3

2

1

Jika 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi



1.2  Memahami teori   dan prinsip  pembelajaran
Guru mampu menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
1.    Guru menjadi fasilitator siswa dalam belajar
2.    Guru mengkondisikan siswa untuk dapat belajar
3.    Guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang cocok dengan kondisi siswa dan tujuan yang ingin dicapai
4.    Guru menggunakan beberapa metode yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran
5.    Guru menerapkan berbagai teknik pembelajaran
6.    Guru menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran secara simultan dalam rangka membantu siswa untuk belajar
4

3

2

1

Jika 5-6 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3-4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi



1.3 Pengembangan Kurikulum
Guru mampu mengembangkan berbagai aspek yang terkait dengan kegiatan pembelajaran, mulai dari pengembangan silabi, RPP yang antara lain memuat tujuan pembelajaran yang jelas, kompetensi dasar yang diharapkan dicapai oleh siswa, indikator ketercapaian kompetensi, materi pembelajaran, media pembelajaran, rancangan kegiatan belajar mengajar, alokasi waktu, rancangan strategi pembelajaran yang akan diterapkan, sampai rancangan alat ukur untuk menilai hasil belajar siswa serta kriteria penilaian yang terkait.
1.  Guru mengembangkan silabi
2.  Guru mengembangkan RPP
3.  Guru mengemukakan tujuan pembelajaran dengan jelas
4.  Guru mengemukakan indikator Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
5.  Guru mengembangkan media yang relevan
6.  Guru mengembangkan materi yang relevan baik yang diambil dari buku sumber yang diakui oleh Kemen-terian Pendidikan Nasional (Buku paket) maupun yang dikompilasi atau disusun sendiri
4

3

2

1

Jika 5-6 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3-4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi



1.4  Aktivitas Pengembangan Pendidikan  
Guru mampu melaksanakan pembelajaran yang aktif,  inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) dalam upaya mengembangkan potensi siswa
1.   Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai
2.  Guru pemula mengembangkan dan melakukan aktivitas pendidikan yang PAIKEM 
3.  Guru pemula menggunakan IT untuk pembelajaran PAIKEM
4.  Guru pemula variatif menggunakan IT untuk pembelajaran PAIKEM
4

3

2

1

Jika 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi


1.5 Mengembang kan potensi siswa
Guru memperhatikan siswa secara individual dengan cara memberikan perhatian (misalnya menyebut nama siswa, berkeliling melihat pekerjaan siswa, menanggapi pertanyaan siswa, bertanya dengan menyebut nama siswa yang ditunjuk), melakukan pembinaan, dan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan siswa
1.  Guru dapat menarik perhatian semua siswa pada awal pembelajaran
2. Semua siswa tampak antusias memperhatikan penjelasan guru
3. Guru memperhatikan siswa secara individual
4. Semua siswa terlibat dalam pengerjaan tugas
5. Guru memanfaatkan media pembelajaran
6. Guru memanfaatkan teknologi pembelajaran yang relevan
7. Semua siswa aktif mengikuti proses pembelajaran
8. Semua siswa aktif mengerjakan tugas yang diberikan guru
9. Tidak ada siswa yang menunjukkan keraguan atau ketidakpahaman tentang topik yang diterangkan guru.
4

3

2

1

Jika 7-9 indikator penilaian terpenuhi
Jika 5-6 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3-4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1-2 indikator penilaian terpenuhi



1.6  Komunikasi dengan siswa
Guru mampu berkomunikasi secara santun kepada siswa dan selalu merespon siswa secara adil dan mendidik.
1.  Guru melakukan interaksi secara aktif dengan siswa selama pembelajaran berlangsung
2.  Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran
3.  Guru merespon setiap pertanyaan siswa yang relevan dengan topic yang seeding dibicarakan
4.  Guru meluruskan pertanyaan yang kurang benar dari siswa
4

3

2

1

Jika 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi



1.7  Penilaian dan Evaluasi
1. Guru menggunakan berbagai cara, baik formal maupun informal  untuk  mendeteksi bahwa siswa  sudah belajar, sudah menguasai dan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya. 
2. Guru memanfaatkan hasil penilaian tersebut untuk merencanakan pembelajaran pada masa yang akan datang  supaya tidak ada siswa yang kemampuan atau prestasinya tertinggal diantara sebagian besar siswa.
3. Guru memanfaatkan hasil penilaian tersebut untuk merencanakan pembelajaran yang berkualitas pada masa yang akan datang
1. Menginformasikan silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat rancangan dan kriteria penilaian pada awal semester.
2. Mengembangkan indikator pencapaian KD dan memilih teknik penilaian yang sesuai pada saat menyusun silabus mata pelajaran.
3. Mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian yang dipilih.
4. Melaksanakan tes, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan.
5. Mengolah hasil penilaian untilk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar peserta didik.
6. Mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik disertai balikan/komentar yang mendidik.
7. Memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.
8. Melaporkan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada pimpinan satuan pendidikan dalam bentuk satu nilai prestasi belajar peserta didik disertai deskripsi singkat sebagai cerminan kompetensi utuh.
9. melaporkan hasil penilaian akhlak kepada guru Pendidikan Agama dan hasil penilaian kepribadian kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester akhlak dan kepribadian peserta didik dengan kategori sangat baik, baik, atau kurang baik.
4

3

2

1

Jika 7-9 indikator penilaian terpenuhi
Jika 5-6 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3-4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1-2 indikator penilaian terpenuhi



2.    Kepribadian
2.1  Bertindak sesuai norma, kebiasaan dan hukum di Indonesia
Guru bertindak sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Semua kegiatan yang dilaksanakan oleh guru mengindikasikan penghargaannya terhadap berbagai agama dan/atau keyakinan yang dianut, suku, adat-istiadat dan gender.
1. Guru memperhatikan siswa di dalam kelas secara individu
2. Guru tidak pernah menertawakan siswa apapun alasannya
3. Guru melarang siswa menertawakan siswa lain apapun alasannya
4. Guru memahami latar belakang siswa terutama yang berasal dari daerah lain atau yang memiliki pengalaman lain.
5. Dalam kegiatan apapun, guru selalu memperhatikan dan menghargai Pancasila sebagai pegangan hidup bermasyarakat
4

3

2

1

Jika 4-5 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi



2.2  Model peran yang stabil dan dewasa
Guru menjadi teladan bagi siswa dalam berbicara, bersikap, dan berperilaku baik di sekolah maupun diluar sekolah
1.  Siswa berbicara dengan sopan terhadap guru
2.  Siswa berani bertanya kepada guru baik yang menyangkut pelajaran maupun yang berkaitan dengan hal-hal yang bersifat pribadi
3.  Orang tua siswa berani membahas kemajuan siswa dengan guru
4.  Teman sejawat menghargai guru sebagai sosok guru yang kinerjanya patut dicontoh
5.  Teman sejawat bersedia berbagi pengalaman dengan guru
6.  Kepala sekolah menghargai guru sebagai orang yang dapat dipercaya
4

3

2

1

Jika 5-6 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3-4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi



2.3  Etos kerja dan komitmen serta kebanggaan menjadi guru
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
1.  Menunjukkan etos kerja tinggi.
2.  Menunjukkan sikap tanggungjawab yang tingi
3.  Bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.
4.  Bekerja mandiri secara profesional.
4

3

2

1

Jika 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi


3.    Sosial 
3.1  Bertindak inklusif dan obyektif serta tidak diskriminatif
Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi
1.  Bersikap inklusif terhadap peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran.
2.  Bertindak objektif terhadap peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran.
3.  Bersikap inklusif dan bertindak objektif terhadap teman sejawat dan lingkungan sekitar.
4.  Tidak bersikap diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosial-ekonomi.
4

3

2

1

Jika 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi



3.2  Berkomunikasi dengan guru, staf pendidikan, orang tua, dan masyarakat
Memiliki keterampilan berkomunikasi yanng efektif, empatik, santun, baik secara lisan maupun tulisan.
1.  Berkomunikasi dengan teman sejawat dan komunitas ilmiah lainnya secara santun, empatik dan efektif.
2.  Beromunikasi dengan peserta didik dengan santun, empattik dan efektif
3.  Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik
4.  Mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik
4

3

2

1

Jika 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi


4.    Profesional  
4.1  Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur, isi dan standar kompetensi untuk mata pelajaran serta tahapan yang diajarkan
Guru memiliki kemampuan penguasaan materi yang sesuai dengan standar kompetensi dan menyampaikannya dengan sistematis.
1.  Mampu menyampaikan materi pembelajaran secara sistematis, dengan langkah-langkah pembelajaran (pembuka, kegiatan inti, dan penutup)
2.  Menjelaskan materi dengan percaya diri
3.  Menjawab pertanyaan siswa dengan jelas dan tepat
4.  Mampu mengkaitkan konsep dengan kehidupan sehari-hari
5.  Mengajukan pertanyaan kepada siswa yang tepat dan relevan
4

3

2

1

Jika 4-5 indikator yang terpenuhi
Jika 3 indikator yang terpenuhi
Jika 2 indikator yang terpenuhi
Jika 1 indikator yang terpenuhi


4.2  Profesionalitas yang meningkat melalui refleksi diri
Memiliki kemampuan  evaluasi dan refleksi diri terhadap proses pembelajaran dan dapat menentukan tindak lanjut untuk meningkatkan proses pembelajaran berikutnya
1.  Mampu melakukan refleksi dan mereview kinerja siswa
2.  Memiliki pengetahuan tentang pendidikan yang kontektual
3.  Mampu menggunakan  ICT  untuk komunikasi dan pengembangan profesional 
4.  Mampu melakukan penelitian tindakan kelas 
4

3

2

1

Jika 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi





                                                                                                                                     Sukoharjo, ........................... 2019
                                                          Pengawas SD                                                                                     Pembimbing




                                                                   Sri                                                                                   Puji Raharjo, S.Pd.SD
                                              NIP.  19871222 201902 2 003                                                            NIP.










No comments:

Post a Comment