PENILAIAN
KINERJA GURU PEMULA
PADA
PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA (PIGP)
a. Nama Guru Pemula : Eti Mayasari, S.Pd.I d. Tanggal pelaksanaan : ……………………………………………….
b. NIP : 19871222 201902 2 003 e. Observasi ke : ……………………………………………….
c. Unit Kerja : SD Negeri Kajeksan f. Observer/Penilai : ……………………………………………….
|
Kompetensi
Sub Kompetensi
|
Deskripsi Sub Kompetensi
|
Indikator Penilaian
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
Deskripsi
|
|
|
1. Pedagogik
1.1 Memahami latar belakang siswa
|
Guru memahami karakteristik siswa yang terkait
dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang
sosial-budaya, dan mampu menerapkan pemahamannya itu untuk membantu
meningkatkan potensi siswa selama proses pembelajaran.
|
1.
Guru
memperhatikan semua siswa pada awal pembelajaran
2.
Guru
memperlakukan siswa secara adil
3.
Guru
menghargai jawaban siswa
4.
Guru
memotivasi siswa untuk terlibat dalam
proses pembelajaran
|
4
3
2
1
|
Jika 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
|
1.2 Memahami
teori dan prinsip pembelajaran
|
Guru mampu menerapkan berbagai pendekatan,
strategi, metode, dan teknik pembelajaran sesuai dengan kebutuhan untuk
mencapai tujuan pembelajaran.
|
1. Guru menjadi fasilitator
siswa dalam belajar
2. Guru mengkondisikan siswa
untuk dapat belajar
3. Guru menggunakan pendekatan
pembelajaran yang cocok dengan kondisi siswa dan tujuan yang ingin dicapai
4. Guru menggunakan beberapa
metode yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran
5. Guru menerapkan berbagai
teknik pembelajaran
6. Guru menerapkan berbagai
pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran secara simultan dalam
rangka membantu siswa untuk belajar
|
4
3
2
1
|
Jika 5-6 indikator penilaian
terpenuhi
Jika 3-4 indikator penilaian
terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian
terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian
terpenuhi
|
|
|
|
1.3 Pengembangan
Kurikulum
|
Guru mampu mengembangkan berbagai aspek yang
terkait dengan kegiatan pembelajaran, mulai dari pengembangan silabi, RPP
yang antara lain memuat tujuan pembelajaran yang jelas, kompetensi dasar yang
diharapkan dicapai oleh siswa, indikator ketercapaian kompetensi, materi
pembelajaran, media pembelajaran, rancangan kegiatan belajar mengajar,
alokasi waktu, rancangan strategi pembelajaran yang akan diterapkan, sampai
rancangan alat ukur untuk menilai hasil belajar siswa serta kriteria
penilaian yang terkait.
|
1. Guru mengembangkan silabi
2. Guru mengembangkan RPP
3. Guru mengemukakan tujuan
pembelajaran dengan jelas
4. Guru mengemukakan indikator
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
5. Guru mengembangkan media
yang relevan
6. Guru mengembangkan materi
yang relevan baik yang diambil dari buku sumber yang diakui oleh Kemen-terian
Pendidikan Nasional (Buku paket) maupun yang dikompilasi atau disusun sendiri
|
4
3
2
1
|
Jika 5-6 indikator penilaian
terpenuhi
Jika 3-4 indikator penilaian
terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian
terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian
terpenuhi
|
|
|
|
1.4 Aktivitas
Pengembangan Pendidikan
|
Guru mampu melaksanakan pembelajaran yang
aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan (PAIKEM) dalam upaya mengembangkan potensi siswa
|
1. Guru menggunakan media pembelajaran yang
sesuai
2. Guru pemula mengembangkan
dan melakukan aktivitas pendidikan yang PAIKEM
3. Guru pemula menggunakan IT untuk
pembelajaran PAIKEM
4. Guru pemula variatif
menggunakan IT untuk pembelajaran PAIKEM
|
4
3
2
1
|
Jika 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
|
1.5 Mengembang
kan potensi siswa
|
Guru memperhatikan siswa secara individual dengan
cara memberikan perhatian (misalnya menyebut nama siswa, berkeliling melihat
pekerjaan siswa, menanggapi pertanyaan siswa, bertanya dengan menyebut nama
siswa yang ditunjuk), melakukan pembinaan, dan memberikan bantuan sesuai
dengan kebutuhan siswa
|
1. Guru
dapat menarik perhatian semua siswa pada awal pembelajaran
2. Semua
siswa tampak antusias memperhatikan penjelasan guru
3. Guru
memperhatikan siswa secara individual
4. Semua
siswa terlibat dalam pengerjaan tugas
5. Guru
memanfaatkan media pembelajaran
6. Guru
memanfaatkan teknologi pembelajaran yang relevan
7. Semua
siswa aktif mengikuti proses pembelajaran
8. Semua
siswa aktif mengerjakan tugas yang diberikan guru
9. Tidak
ada siswa yang menunjukkan keraguan atau ketidakpahaman tentang topik yang
diterangkan guru.
|
4
3
2
1
|
Jika 7-9 indikator penilaian terpenuhi
Jika 5-6 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3-4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1-2 indikator penilaian
terpenuhi
|
|
|
|
1.6 Komunikasi
dengan siswa
|
Guru mampu berkomunikasi secara santun kepada
siswa dan selalu merespon siswa secara adil dan mendidik.
|
1. Guru
melakukan interaksi secara aktif dengan siswa selama pembelajaran berlangsung
2. Guru
melibatkan siswa dalam pembelajaran
3. Guru
merespon setiap pertanyaan siswa yang relevan dengan topic yang seeding
dibicarakan
4. Guru
meluruskan pertanyaan yang kurang benar dari siswa
|
4
3
2
1
|
Jika 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
|
1.7 Penilaian
dan Evaluasi
|
1. Guru menggunakan berbagai cara, baik formal
maupun informal untuk mendeteksi bahwa siswa sudah belajar, sudah menguasai dan
memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya.
2. Guru
memanfaatkan hasil penilaian tersebut untuk merencanakan pembelajaran pada
masa yang akan datang supaya tidak ada
siswa yang kemampuan atau prestasinya tertinggal diantara sebagian besar
siswa.
3. Guru
memanfaatkan hasil penilaian tersebut untuk merencanakan pembelajaran yang
berkualitas pada masa yang akan datang
|
1. Menginformasikan
silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat rancangan dan kriteria
penilaian pada awal semester.
2. Mengembangkan
indikator pencapaian KD dan memilih teknik penilaian yang sesuai pada saat
menyusun silabus mata pelajaran.
3. Mengembangkan
instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian
yang dipilih.
4. Melaksanakan
tes, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan.
5. Mengolah
hasil penilaian untilk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan
belajar peserta didik.
6. Mengembalikan
hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik disertai balikan/komentar yang
mendidik.
7. Memanfaatkan
hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.
8. Melaporkan
hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada pimpinan
satuan pendidikan dalam bentuk satu nilai prestasi belajar peserta didik
disertai deskripsi singkat sebagai cerminan kompetensi utuh.
9. melaporkan
hasil penilaian akhlak kepada guru Pendidikan Agama dan hasil penilaian
kepribadian kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk
menentukan nilai akhir semester akhlak dan kepribadian peserta didik dengan
kategori sangat baik, baik, atau kurang baik.
|
4
3
2
1
|
Jika 7-9 indikator penilaian terpenuhi
Jika 5-6 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3-4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1-2 indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
|
2. Kepribadian
2.1 Bertindak
sesuai norma, kebiasaan dan hukum di Indonesia
|
Guru bertindak sesuai dengan hukum yang berlaku
di Indonesia. Semua kegiatan yang dilaksanakan oleh guru mengindikasikan
penghargaannya terhadap berbagai agama dan/atau keyakinan yang dianut, suku,
adat-istiadat dan gender.
|
1. Guru
memperhatikan siswa di dalam kelas secara individu
2. Guru
tidak pernah menertawakan siswa apapun alasannya
3. Guru
melarang siswa menertawakan siswa lain apapun alasannya
4. Guru
memahami latar belakang siswa terutama yang berasal dari daerah lain atau
yang memiliki pengalaman lain.
5. Dalam
kegiatan apapun, guru selalu memperhatikan dan menghargai Pancasila sebagai
pegangan hidup bermasyarakat
|
4
3
2
1
|
Jika 4-5 indikator penilaian
terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
|
2.2 Model
peran yang stabil dan dewasa
|
Guru menjadi teladan bagi siswa dalam berbicara,
bersikap, dan berperilaku baik di sekolah maupun diluar sekolah
|
1. Siswa
berbicara dengan sopan terhadap guru
2. Siswa
berani bertanya kepada guru baik yang menyangkut pelajaran maupun yang
berkaitan dengan hal-hal yang bersifat pribadi
3. Orang
tua siswa berani membahas kemajuan siswa dengan guru
4. Teman
sejawat menghargai guru sebagai sosok guru yang kinerjanya patut dicontoh
5. Teman
sejawat bersedia berbagi pengalaman dengan guru
6. Kepala
sekolah menghargai guru sebagai orang yang dapat dipercaya
|
4
3
2
1
|
Jika 5-6 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3-4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
|
2.3 Etos
kerja dan komitmen serta kebanggaan menjadi guru
|
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa
bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
|
1. Menunjukkan
etos kerja tinggi.
2. Menunjukkan
sikap tanggungjawab yang tingi
3. Bangga
menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.
4. Bekerja
mandiri secara profesional.
|
4
3
2
1
|
Jika 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
|
3. Sosial
3.1 Bertindak
inklusif dan obyektif serta tidak diskriminatif
|
Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak
diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik,
latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi
|
1. Bersikap inklusif
terhadap peserta didik dalam
melaksanakan pembelajaran.
2. Bertindak
objektif terhadap peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran.
3. Bersikap
inklusif dan bertindak objektif terhadap teman sejawat dan lingkungan
sekitar.
4. Tidak
bersikap diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua
peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis
kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosial-ekonomi.
|
4
3
2
1
|
Jika 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
|
3.2 Berkomunikasi
dengan guru, staf pendidikan, orang tua, dan masyarakat
|
Memiliki keterampilan berkomunikasi yanng
efektif, empatik, santun, baik secara lisan maupun tulisan.
|
1. Berkomunikasi
dengan teman sejawat dan komunitas ilmiah lainnya secara santun, empatik dan
efektif.
2. Beromunikasi
dengan peserta didik dengan santun, empattik dan efektif
3. Berkomunikasi
dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan
efektif tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik
4. Mengikutsertakan
orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam
mengatasi kesulitan belajar peserta didik
|
4
3
2
1
|
Jika 4 indikator
penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator
penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator
penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator
penilaian terpenuhi
|
|
|
|
4. Profesional
4.1 Pengetahuan
dan pemahaman tentang struktur, isi dan standar kompetensi untuk mata
pelajaran serta tahapan yang diajarkan
|
Guru memiliki kemampuan penguasaan materi yang
sesuai dengan standar kompetensi dan menyampaikannya dengan sistematis.
|
1. Mampu
menyampaikan materi pembelajaran secara sistematis, dengan langkah-langkah
pembelajaran (pembuka, kegiatan inti, dan penutup)
2. Menjelaskan
materi dengan percaya diri
3. Menjawab
pertanyaan siswa dengan jelas dan tepat
4. Mampu
mengkaitkan konsep dengan kehidupan sehari-hari
5. Mengajukan
pertanyaan kepada siswa yang tepat dan relevan
|
4
3
2
1
|
Jika 4-5 indikator yang terpenuhi
Jika 3 indikator yang terpenuhi
Jika 2 indikator yang terpenuhi
Jika 1 indikator yang terpenuhi
|
|
|
|
4.2 Profesionalitas
yang meningkat melalui refleksi diri
|
Memiliki kemampuan evaluasi dan refleksi diri terhadap proses
pembelajaran dan dapat menentukan tindak lanjut untuk meningkatkan proses
pembelajaran berikutnya
|
1. Mampu
melakukan refleksi dan mereview kinerja siswa
2. Memiliki
pengetahuan tentang pendidikan yang kontektual
3. Mampu
menggunakan ICT untuk komunikasi dan pengembangan profesional
4. Mampu
melakukan penelitian tindakan kelas
|
4
3
2
1
|
Jika 4 indikator penilaian terpenuhi
Jika 3 indikator penilaian terpenuhi
Jika 2 indikator penilaian terpenuhi
Jika 1 indikator penilaian terpenuhi
|
|
|
Sukoharjo,
........................... 2019
Pengawas
SD Pembimbing
Sri Puji
Raharjo, S.Pd.SD
NIP.
19871222 201902 2 003 NIP.
No comments:
Post a Comment