S
TRUKTUR
MATERI PELATIHAN
Materi Pelatihan ini
dirumuskan berdasarkan hasil kajian terhadap kompetensi dasar yang harus
dimiliki sesuai kerangka acuan kerja yang telah ditetapkan oleh Direktorat
Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Selanjutnya hasil
analisis terhadap kompetensi PLD disusun berdasarkan tingkat penguasaan
kompetensi (K1) Pengetahuan, (K2) Sikap dan (K3) Keterampilan yang merujuk pada
taksonomi Bloom dan Kartwohl (2001) dengan indikator kedalaman materi sebagai
berikut:
Tabel
Ruang Lingkup Materi sesuai Tingkat Kompetensi
|
K1
(Pengetahuan)
|
|
K2
(Sikap)
|
|
K3
(Keterampilan)
|
1.
|
Mengetahuan;
|
1.
|
Penerimaan
|
1.
|
Meniru
|
2.
|
Memahami;
|
2.
|
Menanggapi
|
2.
|
Memanipulasi
|
3.
|
Mengaplikasikan;
|
3.
|
Penilaian (valuing)
|
3.
|
Pengalamiahan
|
4.
|
Menganalisis;
|
4.
|
Mengorganisasikan
|
4.
|
Artikulasi
|
5.
|
Mensintesis;
|
5.
|
Karakterisasi
|
|
|
6.
|
Mengevaluasi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Secara rinci setiap
pokok-pokok materi ditetapkan tingkat keluasan dan kedalamnya berupa kisi-kisi
materi pelatihan yang akan memandu pelatih dalam proses pembelajarannya.
Kisi-kisi materi pelatihan diuraikan sebagai berikut:
NO
|
RUMPUN
|
POKOK BAHASAN
|
SUB POKOK BAHASAN
|
KOMPETENSI
|
JP
|
||
K1 (P)
|
K2 (K)
|
K3 (S)
|
|||||
|
|
Pre Test
|
|
|
|
|
|
1
|
Bina
Suasana dan Orientasi Latihan
|
1. Dinamika Kelompok dan Pengorganisasian
Peserta
|
1.1.
Perkenalan
|
|
|
1
|
2”
|
1.2.
Pengungkapan Harapan peserta
|
1
|
|
|
||||
1.3.
Tujuan dan Proses Pelatihan
|
1
|
|
|
||||
1.4.
Tata Tertib Pelatihan
|
3
|
|
2
|
||||
2
|
Perspektif dan
Kebijakan
|
2.
Desa dan Visi Undang-Undang Desa
|
2.1. Kondisi dan Dinamika Desa
|
2
|
|
|
3”
|
2.2.
UU Desa sebagai Cara Pandang dan Sarana Menuju Keberdayaan Desa
|
1,2
|
|
|
||||
3. Tata Kelola
Desa
|
3.1.
Kelembagaan dalam Tata Kelola Desa
|
1
|
|
|
4”
|
||
3.2. Musyawarah Desa sebagai Basis Tata Kelola dan
Penggerak Demokratisasi Desa
|
2
|
|
|
||||
3.3.
Prinsip-Prinsip Tata Kelola Desa
|
1
|
|
|
||||
3.
|
Penyelenggaraan
Pemerintahan danPembangunan Desa
|
4. Pembangunan
Desa
|
4.1. Sistem Pembangunan Desa
|
1
|
|
|
16”
|
1.2. Perencanaan
Pembangunan Desa
|
1,3
|
|
2
|
||||
1.3. Pengelolaan Keuangan Desa
|
1,2
|
|
2
|
||||
5. Pengembangan
Ekonomi Desa
|
5.1. Arah dan Orientasi Pengembangan Ekonomi Desa
|
1
|
|
|
2”
|
||
5.2. BUM
Desa sebagai Penggerak perekonomi Desa
|
1
|
|
|
||||
6. Penyusunan
Peraturan di Desa
|
6.1. Pokok-Pokok Penyusunan Peraturan di Desa
|
1
|
|
|
2”
|
||
6.2.
Strategi Fasilitasi Penyusunan Peraturan di Desa
|
1
|
|
|
||||
4
|
Pemberdayaan
|
7.
Penguatan Keberdayaan Masyarakat
|
7.1. Pemberdayaan Masyarakat Desa
|
2
|
|
|
5”
|
7.2. Strategi Penguatan Kader Pemberdayaan
Masyarakat Desa
|
1
|
|
|
||||
7.3.
Strategi Penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa
|
1
|
|
|
||||
8.
Peningkatan Kapasitas Masyarakat Melalui Pelatihan
|
8.1. Konsep Pelatihan Masyarakat
|
1
|
|
|
4”
|
||
8.2.
Keterampilan Dasar Melatih
|
|
2
|
|
||||
5
|
Pendampingan
|
9. Pendampingan
|
9.1. Konsep dan Kebijakan Pendampingan
|
2
|
|
|
8”
|
9.2. Keterampilan Pendamping
|
|
2
|
|
||||
9.3. Kinerja Pendamping
|
|
|
2
|
||||
10. Membangun Tim
Kerja di Desa
|
10.1. Kerjasama Tim di Desa
|
2
|
|
|
2”
|
||
10.3.
Membangun Jejaring
|
2
|
|
|
||||
6
|
Evaluasi dan RKTL
|
11. RKTL
|
11.1. Pokok-Pokok RKTL
|
2
|
|
|
2”
|
11.2.
Menyusun RKTL
|
3
|
|
|
||||
Post Test
|
|
|
|
|
|
||
Evaluasi
|
|
|
|
|
|
||
Jumlah
Jam Pelajaran
|
50
|