04 November 2017

TRUKTUR MATERI PELATIHAN PLD



S


TRUKTUR MATERI PELATIHAN


Materi Pelatihan ini dirumuskan berdasarkan hasil kajian terhadap kompetensi dasar yang harus dimiliki sesuai kerangka acuan kerja yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Selanjutnya hasil analisis terhadap kompetensi PLD disusun berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi (K1) Pengetahuan, (K2) Sikap dan (K3) Keterampilan yang merujuk pada taksonomi Bloom dan Kartwohl (2001) dengan indikator kedalaman materi sebagai berikut:

Tabel Ruang Lingkup Materi sesuai Tingkat Kompetensi


K1 (Pengetahuan)

K2 (Sikap)

K3 (Keterampilan)
1.
Mengetahuan;
1.
Penerimaan
1.
Meniru
2.
Memahami;
2.
Menanggapi
2.
Memanipulasi
3.
Mengaplikasikan;
3.
Penilaian (valuing)
3.
Pengalamiahan
4.
Menganalisis;
4.
Mengorganisasikan
4.
Artikulasi
5.
Mensintesis;
5.
Karakterisasi


6.
Mengevaluasi.












Secara rinci setiap pokok-pokok materi ditetapkan tingkat keluasan dan kedalamnya berupa kisi-kisi materi pelatihan yang akan memandu pelatih dalam proses pembelajarannya. Kisi-kisi materi pelatihan diuraikan sebagai berikut:

NO
RUMPUN
POKOK BAHASAN
SUB POKOK BAHASAN
KOMPETENSI
JP
K1 (P)
K2 (K)
K3 (S)


Pre Test





1
Bina Suasana dan Orientasi Latihan
1. Dinamika Kelompok dan Pengorganisasian Peserta
1.1. Perkenalan


1
2”
1.2. Pengungkapan Harapan peserta
1


1.3. Tujuan dan Proses Pelatihan
1


1.4. Tata Tertib Pelatihan
3

2
2
Perspektif dan Kebijakan
2. Desa dan Visi  Undang-Undang Desa
2.1. Kondisi dan Dinamika Desa
2


3”
2.2. UU Desa sebagai Cara Pandang dan Sarana Menuju Keberdayaan Desa
1,2


3. Tata Kelola Desa
3.1. Kelembagaan dalam Tata Kelola Desa
1


4”
3.2. Musyawarah Desa sebagai Basis Tata Kelola dan Penggerak Demokratisasi Desa
2


3.3. Prinsip-Prinsip Tata Kelola Desa
1


3.
Penyelenggaraan Pemerintahan danPembangunan Desa
4. Pembangunan Desa
4.1. Sistem Pembangunan Desa
1


16”
1.2.  Perencanaan Pembangunan Desa
1,3

2
1.3.  Pengelolaan Keuangan Desa
1,2

2
5. Pengembangan Ekonomi Desa
5.1. Arah dan Orientasi Pengembangan Ekonomi Desa
1


2”
5.2. BUM Desa sebagai Penggerak perekonomi Desa
1


6. Penyusunan Peraturan di Desa
6.1. Pokok-Pokok Penyusunan Peraturan di Desa
1


2”
6.2. Strategi Fasilitasi Penyusunan Peraturan di Desa
1


4
Pemberdayaan
7. Penguatan Keberdayaan Masyarakat
7.1. Pemberdayaan Masyarakat Desa
2


5”
7.2. Strategi Penguatan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa
1


7.3. Strategi Penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa
1


8. Peningkatan Kapasitas Masyarakat Melalui Pelatihan
8.1. Konsep Pelatihan Masyarakat
1


4”
8.2. Keterampilan Dasar Melatih

2

5
Pendampingan
9. Pendampingan
9.1. Konsep dan Kebijakan Pendampingan
2


8”
9.2. Keterampilan Pendamping

2

9.3. Kinerja Pendamping


2
10. Membangun Tim Kerja di Desa
10.1. Kerjasama Tim di Desa
2


2”
10.3. Membangun Jejaring
2


6
Evaluasi dan RKTL
11. RKTL
11.1. Pokok-Pokok RKTL
2


2”
11.2. Menyusun RKTL
3


Post Test





Evaluasi





Jumlah Jam Pelajaran
50