26 June 2020

Kisah Sedekah Barang Rongsokan

*Kisah Sedekah Barang Rongsokan*
_Oleh : Gus Aldi_
🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾

2 hari yang lalu..
Saya beres2 rumah....
Dari mulai Teras depan...
Sampai kekamar...

Diteras depan banyak sekali barang...
Dari mulai sepatu...sendal...helm...
Dan banyak barang lainnya...
yang sudah gak pernah dipakai...
Sampai berdebu...
Karena didiamkan bertahun tahun...

Lalu dikamar...
Ada baju2..celana...peci...sarung...
Dan lainnya...
Yang saya sudah bosan...
Dan gak pernah digunakan lagi...

Kenapa bisa sebanyak ini?
Karena saya rutin membeli barang...
yg saya suka saat saya lihat...
Hingga akhirnya menumpuk...
Dan membuat barang yang lama...
Semakin diabaikan...

Dan tiap kali saya ingin bersedekah...
Dengan barang yg masih bagus2 ini...
Muncul perasaan Sayang...
Dan merasa rugi...
Kalau barang yg masih bisa dipakai...
Harus diberikan kepada org lain....

Karena watak manusia saya muncul..
Dimana selalu memilih barang untuk sedekah..
Dari pilihan yg paling tidak saya sukai..
Atau tidak lagi saya mau pakai...

Kemudian dihari itu...
Saya membuang ego "merasa sayang" tadi...
Dan Saya kumpulkan barang2 tadi...
Dan hanya menyisakan barang....
Yang masih rutin saya pakai...
Dan masih baru saya beli....

Setelah saya kumpulkan semua...
Dari sendal..sepatu...baju dan lainnya...
Saya letakan aja didepan rumah...
Dan saya berharap...
Siapapun yg mau ambil...
Ambil aja...
Itu rejekimu....

Setelah beberapa jam..
Datang seorang pemulung....
Yang sangat berakhlaq...
Yang memanggil2 saya dari luar rumah....

Beliau bertanya...
Apakah di izinkan jika barang2 ini...
Diambil olehnya...
Dan Beliaupun minta izin...
untuk menjualnya sebagian....

Saya izinkan saja...
Karena niat awal...
Memang hendak mengosongkan...
Rumah dari barang gak terpakai...

Detik itu saya melihat...
Raut wajah bahagia...
Dari mata pemulung tadi...
Seraya Beliau bilang....
Pak...ini masih bagus2 kok dibuang....

Saya bilang....
Saya gak buang....
Saya berharap ada orang lain...
Yang lebih bisa memanfaatkan ini smua...

Pemulung ini sangat berterima kasih...
Dan mendoakan saya panjang lebar....
Seraya mencoba2 sendal dan sepatu...
Yang sudah saya gak pernah pakai lagi....

Dari keadaan ini...
Hati saya sangat lega dan senang...
Hal yg tidak berarti dalam rumah saya...
Ternyata bisa sangat berarti....
Jika diberikan kepada mereka...
Yg hidup dibawah keadaan saya....

Hari itu rumah saya jadi rapih...
Dan saya didoakan banyak hal oleh pemulung....

Lalu keesokan Harinya....
Saya di WA seorang pengusaha Travel...
Dan memaksa Untuk datang kerumah...

Dan saya bilang...
Saya hanya ada waktu pagi hari s/d jam 12 siang...
Dan saya kirimkan Sharelok

Esoknya saya cukup kaget...
Pemilik travel ini sudah sampai didepan rumah...
Tepat jam 6 pagi....

Lalu saya temui dan berkenalan....
Singkat obrolan...
Ternyata pemilik travel ini mengantarkan Hadiah...
5 Liter air Zamzam..
Dan berbagai jenis Kue....

Hingga diakhir penutup obrolan..
Beliau meminta saya untuk....
Bisa Menemani Jamaah travelnya Umroh....
Di setiap Bulan...
Sesuai kesiapan saya berangkat....

Setelah saya diskusi...
Saya hanya menyanggupi..
Untuk 2 kali kebergkatan umroh....
Dalam 1 tahun...
Karena kewajiban tugas...
Pekerjaan dan dakwah...

Dari cerita ini....
Saya hanya mengajak berfikir....
Bahwa terkadang....
Rejeki kita bisa terhambat....
Dikarenakan Hisab dari barang2...
Yang menjadi Mubazir menjadi milik kita...

Dan ada peluang sedekah...
Yang bisa kita lakukan...
Tanpa mendahulukan rasa Merugi...
Mensedekahkan barang yg tidak kita pakai....

Saya telah merasakan....
Balasan dari sebuah keikhlasan...

Dengan Balasan...
Nominal Harga yg sangat Fantastis....
Hingga kejutan ini....
Membuat saya Bersyukur...
Dengan cara senyum2 sendiri....hehe....

Sampai disini....
Saya mengajak temen2 semua...
Untuk segera membongkar isi rumah...

Dan kumpulkan barang...
Yg kalian acuhkan selama ini....
Taruh aja depan rumah...
Atau antar ke orang yg membutuhkan....

ingat...
Sebagus apapun pakaianmu...
Jika sudah muncul rasa bosan...
Kamu sudah enggan memakainya lagi...
Dan kamu mampu membeli yang baru...

Tapi mereka diluar sana....
Bisa sangat bahagia...
Menerima pemberianmu..
Walau hal tersebut...
Hanya bagian kecil...
dari Barang Kebosananmu...

Dan percayalah....
Balasan sedekahmu...
Tidak hanya 10 kali lipat...
Namun bisa Ribuan kali lipat....

Karena Allah....
Adalah dzat yg Maha Berterima kasih...
Atas sebab kebahagiaan...
Yang diberikan kepada CiptaanNya...

Maka Rajinlah....
Memberi kebahagiaan....
Hingga kelak Allah...
Akan membahagiakanmu...
Dunia dan Akhirat....

Muhamad Aldiyansyah
24 Juni 2020

No comments:

Post a Comment