Yth. Bapak/Ibu di JNE kacab Wonosobo.
Mohon maaf, sekedar memberikan saran/masukan.
Mohon utk status penerimaan/delivery barang kepada penerima dilakukan secara real time update. Status diubah menjadi DELIVERED setelah *yakin barang sudah diberikan ke penerima*, bukan baru dibawa kurir tp sudah diubah statusnya ke delivered.
Sering kali penerima menanyakan ke agen ttg paket mereka;
Status by AWB Tracking sudah DELIVERED, diterima oleh *Nama Penerima*, namun penerima merasa belum menerima barang. Ybs akhirnya menanyakan ke agen ttg keberadaan paket. Agen tidak bisa melacak paket lebih detail, hanya bisa melakukan pengecekan via aplikasi ataupun web, dg menggunakan nomor AWB, yg notabene sama saja dg yg dilakukan oleh penerima; keterangan yg didapat akan sama.
Tidak sedikit si penerima panik krn khawatir barangnya hilang, salah kirim, atau kemungkinan buruk lainnya karena barang tsb belum diterima tp kok status sudah delivered. _Siapa yg menerima? Kok bisa tertulis diterima oleh nama si penerima?_
Mohon utk kacab memperhatikan hal ini karena sudah sering kali terjadi.
Saya pribadi paham akan banyaknya paket yg harus diantarkan sedangkan jumlah kurir terbatas, ditambah lagi cuaca yg sedang sering hujan sehingga menghambat proses pengantaran dan ada *tuntutan SLA dari pusat atas batas waktu/ETA penyampaian barang*. Namun yg sekiranya perlu diperhatikan juga bahwa *customer sudah melek teknologi. Mereka juga sudah ikut memantau tracking barang mereka*. Mereka sangat bingung ketika mengetahui status barangnya sudah *delivered* dan diterima *atas namanya sendiri* namun merasa sama sekali belum menerima barang.
Sekali lagi mohon dipertimbangkan saran ini karena utk hari ini saja sudah 2 orang yg menanyakan hal spt ini ke agen saya, kemarin pun ada juga. Saya yakin di agen lainnya juga terjadi hal yg sama spt beberapa hari lalu di JNE Kaliwiro a.n. Ropiah (penerima komplain pula dg namanya yg tertulis tdk secara utuh). Saya pribadi selaku agen hanya bisa memberikan jawaban diplomatis, yg penting customer tenang dan tetap yakin dg kualitas layanan JNE (yg mungkin sebenarnya sudah pasti berkurang nilainya di mata customer tsb). Saya yakin agen lainnya juga sudah melakukan step-step complaint management dan menjelaskan kondisi yg terjadi, namun mohon dr pihak kacab juga mempertimbangkan keterbatasan kewenangan agen dlm hal ini.
Terima kasih.
No comments:
Post a Comment