24 July 2017

- Foremilk dan Hindmilk pada ASI -


- Foremilk dan Hindmilk pada ASI -

Mommies, saat menyusui, lebih baik menyusui dari 2 payudara bergantian selama beberapa waktu di tiap payudara, atau menyusui dari satu payudara sampai puas?

Memang, ada banyak mitos yang bilang kalau menyusui jangan cuma di satu payudara, nanti payudaranya jadi gede sebelah. Namun ternyata lebih baik adalah membiarkan bayi menyusui di satu payudara sampai puas, bahkan bila sampai ia tertidur, sementara payudara yang satunya masih penuh, sebaiknya diperah. Mengapa?

Karena saat menyusui, seorang ibu akan mengeluarkan dua macam air susu, yaitu foremilk dan hindmilk. 

1. FOREMILK adalah ASI yang diproduksi pada awal proses menyusui. Diproduksi dalam jumlah banyak, mengandung banyak protein laktosa dan protein lainnya, berkadar air tinggi, namun kadar lemaknya rendah dan berwarna lebih bening dan kebiruan. jumlah air yang berlimpah dalam foremilk mampu memenuhi kebutuhan air pada bayi. Sehingga tidak ada istilah ASI yang paling baik adalah yang berwarna putih.Foremilk ini sering juga disebut dengan ASI depan.

2. HINDMILK adalah ASI yang diproduksi pada akhir proses menyusui. Diproduksi dalam jumlah sedikit, tapi kadar lemaknya lebih tinggi, yaitu 2-3 kali dibandingkan foremilk. Kadar lemak yang lebih tinggi ini membuat hindmilk lebih putih dibanding foremilk. Jumlah lemak yang tinggi dalam hindmilk ini akan memberikan banyak energi pada bayi, dan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Semakin kosong payudara maka kandungan lemaknya semakin tinggi. Hindmilk sering disebut sebagai ASI belakang.

Singkatnya ASI yang dikonsumsi lebih awal adalah foremilk ini. Setelah menyusu berjalan beberapa saat atau payudara mulai kosong, maka bayi mulai mengkonsumsi hindmilk yang sarat akan kandungan lemak. Semakin banyak bayi mengkonsumsi hindmilk, maka semakin signifikan kenaikan berat badannya. 

Nah, jadi tahu kan sekarang mengapa menyusui bayi pada kedua payudara secara bergantian ternyata tidak efektif? Betul! Karena jika bayi baru menyusu sebentar pada satu payudara kemudian langsung dipindahkan ke payudara yang lain maka bayi hanya akan lebih banyak mengkonsumsi foremilk daripada hindmilk.

Bisa diibaratkan bahwa foremilk itu adalah minuman (air minum) sedangkan hindmilk itu adalah makanan. Sama seperti kita, kalau sedang makan kan kita juga butuh minum. Nah, bayi juga sama. Jadi bukan minuman sebelah kiri makanan sebelah kanan yah Mommies. Kadang foremilk ini suka dianggap basi karena lebih encer, padahal foremilk itu kandungan proteinnya sangat tinggi. Padahal ASI ga pernah basi loh Mommies selama masih ada di dalam payudara.

Sedikit tambahan, biasanya foremilk ini, pada beberapa ibu menyusui, keluarnya pun suka mancur-mancur dan bikin bayi kita agak kesulitan untuk menyusu. Kalau memang derasnya aliran ASI cukup mengganggu si kecil, bisa dicoba dengan memerah ASI sedikit (mungkin bisa ditampung dan diberikan kemudian). Hal ini dimaksudkan untuk dapat mengurangi derasnya aliran ASI sehingga bayi bisa lebih nyaman saat menyusu.

Berapa lama idealnya bayi menyusu sampai payudara KOSONG? Rata-rata efektifnya adalah 20-25 menit. Bila lebih dari satu jam, biasanya bayi hanya mengempeng. "Tapi kok bayi saya menyusunya cuma kadang2 suka 5 menit ajah?" Mommies, sama halnya kaya kita orang dewasa, mau minum aja bukan berarti harus dibarengi makan juga kan, karena kebutuhannya haus bukan lapar. Jadi susuilah bayi semaunya karena yang tahu kebutuhan ASI hanya bayi itu sendiri yang tahu. 

Semangat ASI!!

No comments:

Post a Comment