12 April 2018

9 MANFAAT DAUN DADAP (GODONG TAWA)

DAUN DADAP (GODONG TAWA)

Manfaat daun Dadap (GODONG TAWA) untuk PengobatanSelain digunakan sebagai pagar hidup maupun pohon perindang, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan dalam dunia kesehatan, seperti :

1.Mengobati cacingan
Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Gejala yang dialami si penderita sangat bervariasi, mulai dari wajah pucat, perut buncit, badan yang kurus, sampai terjadinya demam. Mengkonsumsi ramuan yang berasal  dari campuran manfaat daun dadap yang dihaluskan dan manfaat madu dapat mengatasi gangguan cacingan.

2.Mengobati disentri
Disentri merupakan sebuah infeksi yang terjadi pada usus yang dapat menimbulkan diare yang disertai darah dan lendir. Untuk pencegahan penyakit ini, sebaiknya selalu menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan dengan sabun, serta mengkonsumsi makanan yang sehat.Untuk pengobatan disentri dapat dilakukan dengan cara yang alami yaitu dengan mengkonsumsi ramuan campuran daun dadap yang telah dihaluskan dan dicampurkan dengan minyak yang berasal dari manfaat buah jarak (kasteroli).

3.Mengobati demam
Seringkali saat anggota keluarga mengalami demam, timbul kepanikan saat menghadapinyaa. Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasinya seperti dengan berobat ke dokter, hingga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Sebenarnya jika kita tahu dan jeli tentang manfaat tanaman sekitar, tak perlu terburu-buru melakukan hal tersebut.Salah satunya adalah dengan menerapkan manfaat daun dadap yang telah dipipis halus pada anggota tubuh. Jika kita menjumpai seorang wanita yang masih dalam masa nifas sedang mengalami demam, kita bisa menerapkan bobokan daun dadap ke perutnya sebagai langkah pengobatan.

4.Mengobati insomnia
Saat kita mengalami gangguan susah tidur atau istilah medisnya insomnia, ada baiknya kita mengkonsumsi daun dadap yang masih muda dengan cara menggunakannya sebagai sayur atau lalapan.

5.Melancarkan menstruasi
Jika memiliki masalah menstruasi, itu berarti terjadi penumpukan darah kotor dalam rahim yang bisa mengganggu kesuburan. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, cobalah untukrutin mengkonsumsi daun dadap beserta dengan bunganya sebagai sayuran

.6.Meringankan gejala rematik
Gejala rematik atau asam urat tentu saja akan menghambat segala aktivitas harian kita. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk menerapkan manfaat daun dadap yang telah dipanaskan di atas api kecil sebagai tapal pada bagian sendi yang terasa nyeri.

7.Mengobati bengkak
Sering kali bengkak terjadi pada luka, maupun memar yang di derita. Keadaan ini menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian tubuh yang terkena. Untuk membantu mengobatinya, gunakan tumbukan daun dadap pada daerah yang mengalami bengkak. Lakukan hal tersebut sesering mungkin, hingga sembuh

,8.Mengobati Sakit Kepala atau Pusing
Pusing merupakan suatu gangguan kesehatan yang dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas harian. Tak jarang pula kita harus menghentikan aktivitas tersebut hingga beberapasaat lamanya. Untuk membantu mengatasinya, ada baiknya menerapkan remasan daun dadap kedahi sebagai pengobatan alami

.9.Mengobati Perut Mulas
Cara alami mengatasi perut mulas bisa kita lakukan dengan menerapkan tumbukan daun dadap yang dicampur dengan daun sosor bebek pada permukaan perut.  Atau bisa juga dengan menempelkan daun dadap yang telah dilayukan di atas api kecil pada bagian perut.

Sama seperti tanaman herbal lainnya, penggunaan daun dadap juga tidak boleh secara berlebihan, karena jika kita over dosis dalam menggunakannya dapat berakibat pada kelumpuhan.

No comments:

Post a Comment